4 Tips Berpikir Positif dalam Bekerja

Setelah mengikuti pembekalan dan Motivasi, sedikit banyak mendapatkan pencerahan tentang bagaimana membentuk Pikirin yang Positif. Karena seseorang yang selalu berpikiran positif akan terus menghasilkan buah pikiran positif pula, yang merangkum harapan, optimisme, dan kreatifitas. Dengan cara demikian, ia membuat lingkungan sekitarnya bergerak secara positif sehingga iapun cenderung mendapatkan hasil yang positif pada akhirnya.

4 Tips Berpikir Positif dalam Bekerja

Dalam hidupnya, manusia senantiasa dihadapkan pada berbagai cobaan yang membuatnya sulit untuk terus berpikiran positif. Namun demi meraih keberhasilan dalam hidup, orang harus selalu memiliki motivasi untuk maju dan tidak mudah menyerah tatkala menghadapi cobaan. Menurut Marcus Aurelius, Filsuf dan Kaisar Roma dalam tulisannya: meditation, hidup kita adalah bagaimana pikiran kita mewujudkannya. Jadi berpikir positif adalah cara membuat hidup menjadi positif atau cara melihat sesuatu yang lebih memberikan motivasi.

Akan tetapi berpikir positifpun bukan berarti memiliki keyakinan berlebihan yang tanpa menggunakan perhitungan, namun disini lebih ditekankan pada cara menilai kembali segala sesuatu dengan menekankan pada segi positif. Ibarat melihat sebilah pisau orang bisa melihatnya sebagai alat untuk memotong ataupun sebagai benda yang bisa melukai. Untuk lebih jelasnya, dibawah ini kubagikan beberapa cara yang berguna untuk membantu kita membentuk pikiran positif :

1. Bayangkanlah akibat terburuk yang mungkin terjadi

Bila Kita cenderung mudah khawatir bahwa segala sesuatu tidak akan berjalan sesuai dengan yang Kita harapkan, bayangkanlah akibat terburuk yang mungkin terjadi. Dengan bertanya kepada diri sendiri, “Kemungkinan terburuk apakah yang bisa terjadi?“ Kita akan merasa lebih tenang dengan menerimanya kalaupun segala sesuatunya tidak berjalan sesuai dengan yang Kita harapkan , katakanlah pada diri sendiri bahwa semua itu bukanlah akhir dari segalanya. Langkah berikutnya , pikirkanlah cara – cara untuk membuat keadaan lebih baik sekali kita mulai bertindak Kita tidak akan mempunyai waktu untuk memikirkan kekhawatiran tersebut.

2. Lihatlah segala sesuatu secara khusus jangan disama ratakan

Sudah sewajarnya bila kita memilki satu hal yang tidak mampu kita kerjakan dengan baik. Karena itu kita tidak perlu menyamaratakan. Jangan sampai ketidakmampuan kita melakukan satu hal membuat kita merasa tidak mampu melakukan hal lain. Terkadang kita cenderung membesar – besarkan sesuatu hal dari yang sebenarnya. Misalnya seseorang murid merasa dirinya lengah dalam pelajaran Matematika, padahal ia hanya belum menguasai perkalian dan pembagian yang panjang. Jadi batasilah masalahnya, jangan dibesar – besarkan sehingga kita meragukan kemampuan kita sendiri.

3. Lakukanlah sebaik mungkin lalu terimalah bagaimanapun hasilnya

Bila kita telah berusaha mengerjakan sesuatu atau menyelesaikan sesuatu masalah dengan segenap kemampuan kita, selanjutnya hadapilah apapun yang akan terjadi, bahkan hal yang paling kritis sekalipun. Kita harus menyadari bahwa berpikir positif tidak berarti satu penyelesaian sesudah itu selesai. Ingatlah pepatah lama : Jika pertama kita gagal, coba, coba, dan cobalah lagi.

4. Akuilah prestasi Kita

Jika hasil pekerjaan Kita memang baik, akuilah. Kita semua mudah merasa tidak enak jika mengalami kegagalan, jadi mengapa tidak merasa senang jika berhasil ? Terimalah dengan senang hati jika seseorang memuji Kita. Cara terbaik menerima pujian tanpa menjadi sombong adalah cukup dengan mengucapkan terima kasih.

You may also like...

Leave a Reply