Mengapa Orang Cina Sukses dan Kaya?

Mengapa Orang Cina Sukses dan Kaya?
Sebelum membaca artikel Mengapa Orang Cina Sukses dan Kaya? ini, saya ingin agar Anda membacanya dengan pikiran terbuka. Cerita ini adalah tulisan dari seseorang yang bekerja di Amerika. Dan saya harap tulisan dari “seseorang” ini dapat memberikan inspirasi dari pengalamannya kepada kita.

Saya seorang pribumi yg dulunya benci setengah mampus sama WNI Keturunan Cina. Tetapi setelah hidup di Amerika selama 10 tahun dan sekarang bekerja di salah satu bank terbesar di dunia berpusat di New York City, pandangan saya berubah dan mengerti mengapa Cina itu berbeda dengan orang pribumi.

Dan sebenarnya banyak sekali hal-hal yg kita tidak mengerti tentang cina, dan hal-hal ini sebenarnya harus kita ketahui dan kita pikirkan lagi, karena hal-hal ini adalah sesuatu yg bisa kita pakai untuk kepentingan bangsa sendiri dan utk memajukan bangsa sendiri. Bukan saya bilang bahwa kita harus berubah jadi Cina, cuma kalau memang bagus mengapa tidak ? Dan memang ada juga hal-hal buruknya, tetapi semua bangsa juga punya.

Marilah saya mulai pendapat saya tentang perbandingan antara WNI asli dan keturunan cina :

Perbedaan Nyata Bule vs China vs Pribumi

Setelah bekerja tiga tahun lebih dan punya teman dekat orang bule dan orang Cina dari Shanghai di tempat kerja saya, saya melihat banyak sekali perbedaan-bedaan, diantaranya :

Duit

a) Si bule, kalo gajian langsung ke bar, minum-minum sampe mabuk, beli baju baru, beli hadiah macam-macam untuk istrinya. Dan sisanya 10% di simpan di bank. Langsung makan-makan di restoran mahal, apalagi baru gajian.

b) Si Cina, kalau gajian langsung disimpan di bank, kadang-kadang di invest lagi di bank, beli Saham, atau dibungain. Bajunya itu2 saja sampe butut. Saya pernah tanya sama dia, duitnya yg disimpen ke bank bisa sampe 75%-80% dari gaji.

c) Saya sendiri. kalo gajian biasanya boleh deh makan-makan sedikit, apalagi baru gajian, beli baju kalo ada yg on-sale (lagi di discount), beli barang-barang kebutuhan istri, sisanya kira2 tinggal 15-20% terus disimpen di bank.

*** Kebanyakan di Amerika, orang Cina yang kerja kantoran (sebenarnya Korea dan Jepang juga) muda-muda sudah bisa naik mobil bagus dan bisa mulai beli rumah mewah. Walaupun orang tuanya bukan konglomerat dan bukan mafia di Chinatown. Malah mereka beli barang senangnya cash, bukan kredit. Soalnya mereka simpan duitnya benar-benar tidak bisa dikalahkan oleh bangsa lain. kalau bule atau orang hitam musti ngutang sampe tau baru bisa lunas beli rumah.

Cara Bekerja

a) si bule, abis kerja (biasanya jam kerja jam 8 pagi – 6 sore) hari Senen sampai hari Jumat (Sabtu dan minggu tidak kerja)) ke bar ato makan-makan ngabisin gaji. Kalau disuruh lembur tiba-tiba, biasanya kesel-kesel sendiri di kantor. Biasanya kalo hari Senen, si bule tampangnya kusut, soalnya masih lama sampe hari Sabtu, pikirannya weekend melulu. Kalo hari Kamis, si bule males kerja, pikirannya hari Jumat melulu. Terus jalan-jalan gosip kiri kanan.

b) si Cina, abis kerja langsung pulang ke rumah, masak sendiri, nggak pernah makan diluar (saya sering ngajak dia makan, cuma tidak pernah mau, mahal katanya, musti simpan duit, kecuali kalo ada hari-hari khusus). Kalau disuruh lembur tidak pernah menolak, malah sering menawarkan diri untuk kerja lembur. Kalau disuruh kerja hari sabtu atau hari minggu juga pasti mau. Kadang-kadang dia malah kerja part-time (bukan sebagai pegawai penuh) di perusahaan lain untuk menambah uangnya.

c) saya sendiri, kalau disuruh lembur, agak malas juga kadang-kadang karena sudah punya rencana keluar pergi makan sama teman-teman kantor. Kadang-kadang ingin sekali pulang ke rumah karena di kantor melulu, cuma mau nggak mau mesti kerja (jadi kesannya terpaksa, nggak seperti si cina yg rela). Weekend paling malas kalau musti kerja.

*** Bos-bos juga biasanya suka sama orang Cina kalau soal kerjaan. Mereka soalnya pekerja yg giat dan tidak pernah bilang “NO” sama boss. Dapat kerja juga gampang kalau mukanya cina, karena dipandang sebagai ”Good Worker “. Atau pekerja giat. Jarang sekali, kecuali penting sekali dia tidak bersedia kerja lembur. Dan kalaupun tidak bersedia lembur, biasanya dia akan datang sabtu atau minggu, atau kerja lembur besoknya.

Rumah

a) Apartment si bule, wah bagus sekali. gayanya kontemporari. Penuh dengan barang-barang perabotan dan furniture mahal. Pokoknya gajinya pasti abis ngurusin apartment dia.

b) Apartment si cina, wah… kacau. Cuma ranjang satu, dilantai saja. Meja butut, dan dua kursi butut. TV nya kecil sekali, TV kabel saja tidak punya. Pokoknya sederhana sekali. Waktu saya tanya, dia bilang ”bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian.” daerahnya pun bukan didaerah mahal, tempatnya di daerah kumuh dan kurang ada yg mau tinggal.

c) Apartment saya sendiri, yah lumayan, cuma istri saya suka juga merias rumah. Jadi apartment saya lumayan lah tidak seperti punya si Cina. Saya benar-benar salut dia bisa hidup begitu. Padahal duitnya di bank banyak. Gaji dia saja lebih tinggi dari saya karena lebih lama di perusahaan
tersebut.

*** Setelah 10 taun, biasanya si bule, orang item, masih tinggal di apartment atau baru ngutang beli rumah, si cina sudah bisa beli rumah sendiri. Karena nabung dengan giatnya, dan cuma beli yg penting-penting saja. Jadi uangnya ditabungkan sendiri.

*** Disini saja saya bisa lihat perbedaan-bedaan nyata, saya pertama-tama pikir, wah si Cina ini pelit amat. Masa duit banyak kayak begitu disimpan saja di bank. Dan kalau kita banding-bandingkan dengan sejarah orang-orang cina, kita akan tahu kenapa mereka (Cina) itu dalam long-range nya (jangka panjang nya) lebih maju dari pribumi di Indonesia, karena saya sempat bertukar pikiran dengan beberapa teman lagi orang Cina lainnya, orang India, orang Arab, orang Jerma n, orang Amerika, dan orang Cina ini sendiri. Kita musti tau sejarahnya orang Cina ini.

Perbandingan sejarah cina dan Indonesia

JAMAN DULU Bangsa cina adalah bangsa yg bangga dengan bangsanya, karena kebudayaan cina adalah salah satu kebudayaan yg tertua di dunia, hampir setahaf dengan Mesopotamia dan Mesir. Karena itu kebudayaan cina itu benar-benar menempel di sanubari nya. Susah sekali untuk melepaskan kebudayaan tersebut karena memang betul kebudayaan mereka itu hebat, terus terang, kalau kita bandingankan dengan kebudayaan kita (pribumi Indonesia) kita tidak bisa mengalahkan kebudayaan orang cina. Dan memang kebudayaan mereka sudah diakui dunia.

Menurut salah satu Journal of Archeology terkemuka di dunia, orang Melayu itu unsurnya lebih banyak mengarah ke bangsa Mongol atau Cina. Jadi bangsa Indonesia itu sebenarnya Cina, walaupun s ecara biologis dan evolusis, ada unsur-unsur dari India dan Arab di darah orang pribumi. Tetapi orang Indonesia (Melayu) itu sebenarnya genetik nya lebih dekat
ke orang Cina.

Orang cina itu sudah dari dulu 4000 tahun hidupnya diawang kesusahan terus (maksudnya rakyat kecilnya). Negara cina dari jaman dulu, katanya, sudah perang terus, rakyat kecil disiksa olah pemerintahnya sendiri, dan pemerintahnya berganti-ganti terus. Orang cina bisa dibilang salah satu bangsa yang tahan banting. Sudah biasa menderita, dan makin menderita, biasanya orang kan makin nekad dan makin berani, jadi semua jalan ditempuh, namanya saja mau hidup, bagaimana. Ini juga terjadi di Indonesia.

Karena negaranya sendiri, Cina, banyak masalah, mereka imigrasi kemana-mana. Mereka ada dimana-mana, teman saya orang item dari Nigeria dan Ethiopia (afrika) bilang disana pun ada banyak orang cina. Dan herannya. Cina-cina di Afrika pun sukses dan bisa dibilang tidak miskin.

DI INDONESIA Di Indonesia sendiri, waktu saya masih tinggal di Jakarta, saya bisa melihat perbedaan-perbedaannya, cuma waktu itu pikiran saya belum terbuka. Saya pernah buka punya teman orang cina di Senen buka toko kain. Di sebelahnya persis ada pak Haji yg juga buka toko kain. Setelah dua tahun, bisnis si cina makin maju, dan si pak Haji sebelah akhirnya bangkrut. Ternyata bukan karena si Cina main curang atau guna-guna si pak haji. Ternyata itu karena si cina, walaupun sudah untung, uangnya disimpan dan ditabung saja, untuk mengembangkan bisnisnya lagi. Dan dia dan istrinya makan telor ceplok saja. Sedangkan si pak haji baru untung sedikit sudah makan besar di restoran karena gengsi sama keluarga nya.

Nah bukannya si pak haji ini salah? Bukannya kita bisa lihat sendiri bahwa cina ini pikirannya lebih maju lebih melihat kedepan dan lebih tahan banting? Saya kira ini adalah suatu hal yang bisa kita contoh dari si Cina ini. Mungkin kita tidak usah terlalu pelit seperti dia, tapi juga tidak usah gengsi-gengsian.

Saya sudah bertemu dengan banyak orang dari negara yg berbeda-beda dan satu hal yg benar-benar nyata adalah orang yg TIDAK MEMBUAT KEPUTUSAN BERDASARKAN GENGSI biasanya NEGARANYA MAJU.

Coba saja lihat orang Hong Kong, orang Jepang, orang Inggris, orang Amerika, orang Jerman dan orang Singapore, mereka sudah MAJU sekali pemikirannya. Tidak seperti orang Indonesia. Kalau YA yah sudah bilang YA, kalau TIDAK yah bilang TIDAK. Jadi tidak tidak ada yg tidak enak hati. Kalau sudah lama tidak enak hati akhirnya berantem.

Orang Indonesia sayangnya gengsinya tinggi sekali, tidak mau mengaku kalau memang salah atau harus merubah sesuatu yg jelek. Inilah kelemahannya.

Di mata Internasional bangsa Indonesia sudah terkenal sebagai NAZI Jerman versi Asia Tenggara. Waktu perang dunia ke II bangsa Jerman sedang miskin karena mereka kalah perang dunia ke I, supaya rakyat tidak marah, si Hitler yg cerdik sengaja menyalahkan orang Yahudi yg memang kaya dan menguasai ekonomi Jerman. Dan orang Yahudi akibatnya dibantai dan tidak diperlakukan sebagai warga negara sendiri. Padahal mereka juga sudah lama tinggal di Jerman dan sudah merasa sebagai bangsa sendiri, walaupun mereka masih memegang kebudayaan mereka yg tinggi, sama seperti cina di Indonesia.

Di Indonesia anehnya, pribumi benci dengan cina tetapi bukan dengan orang Belanda atau orang Jepang. Kalau dipikir-pikir, cina itu tidak salah apa-apa. Saya sebagai pribumi baru sadar akan hal itu.

Belanda menyiksa bangsa Indonesia dan menguras harta bumi kekayaan Indonesia selama 350 tahun dan setelah pergi meninggalkan penyakit yg paling bahaya dan mendarah daging, yaitu korupsi, yg sampai sekarang juga menimbulkan krisis ekonomi setelah 53 tahun merdeka rupanya penyakit ini bukannya makin terobati, tetapi makan menusuk dan menular ke seluruh badan dan mental bangsa Indonesia.

Bangsa Jepang, cuma menguasai 3.5 tahun, tapi menyiksa bangsa Indonesia lebih kejam dari bangsa lain. Karena kalah perang, bangsa jepang, yah mau tidak mau sekarang musti menguasai dunia secara ekonomi tidak bisa lagi main angkat senjata.

Anehnya kita sebagai pribumi malah benci dengan cina bukannya dengan Belanda atau jepang. Lucu sih. Semua bangsa lain (Korea, Cina, Burma, Vietnam, dan Afrika) benci dengan bekas penjajahnya bukan penduduk sesama yg telah hidup bertahun-tahun bersama-sama yaitu cina kalau di Indonesia.

Salah apa si cina-cina ini, tidak salah apa-apa. Kenapa mereka kelihatannya buas dalam bisnis, tamak, dan rakus ? kenapa ? Karena mereka selama tinggal di Indonesia selalu diperlakukan sebagai orang luar dan di anak-tirikan. Coba bayangkan kalau anda-anda jadi cina, pasti anda-anda juga mau melindungi diri sendiri, siapa yg mau nggak makan besok ? atau mati ? Yah, kalau begitu, mereka jadi cerdik, agak licik, mengambil kesempatan dalam kesempitan, jadinya berhasil memegang ekonomi indonesia. Tapi mereka juga bekerja keras, JAUH…..SANGAT JAUH LEBIH KERAS DARI KITA YG PRIBUMI. Bukan cuma di Indonesia saja. orang cina sepertinya ditaruh dimana saja pasti sukses dan bekerja keras.

Mereka (cina) tidak menyerah pada nasib, dan selalu INGIN MENJADI DUA KALI LIPATKAN TARAF HIDUPNYA, kita yg pribumi, biasanya puas dengan keberhasilan kita dan malas malasan karena merasa sudah diatas angin. Bagi cina2 ini tidak berlaku, mau setinggi apa juga, pasti bisa lebih tinggi lagi.

Kita saja yg bodoh, mau dengar omongan pemerintah yg brengsek dan mengkambing hitamkan cina. Karena mereka sendiri juga busuk tetapi takut ketahuan. Jadi mereka menggunakan cina sebagai tameng dan kambing hitamnya.

Gimana mau hidup sebagai negara yg maju coba? Kalau tidak bersatu. Negara yg maju harus bisa hidup dengan tentram satu sama lain tidak perduli dengan warna kulit, agama, dan keturunan. Semuanya musti diakui sebagai satu bangsa.

Contohnya Amerika, mau cari orang dari mana saja ada. Cuma mereka bersatu, dan mereka sadar tiap orang punya kejelekan masing-masing. Cuma tidak digembar-gemborkan, tapi dibicarakan dan dirubah. Yg bagus nya diambil, dan dipakai bersama-sama untuk memajukan negara. Tidak segan-segan, atau gengsi, kalau gengsi-gengsi maka tidak akan maju. Harus open (terbuka) dan mau menerima kesalahan dan musti mau berubah.

Note: Artikel ini didapatkan di milis2, penulisnya kemungkinan adalah orang Tionghoa atau pribumi tapi pro-Tionghoa sehingga sangat mengagung-agungkan bangsa cina

Update :

comment dari Andre Hui :

Walaupun saya juga keturunan Cina, saya rasa artikel ini tidak fair dan merasa perlu untuk membuat anti-thesis/sanggahan.

Post dari ‘milis’ ini aslinya berasal dari forum KafeGaul bertahun-tahun silam yang lalu disebarkan melalui milis dan hebatnya kini Broadcast BBM (yang membuat saya bisa mampir kesini) walau saya tak bisa mempertanggungjawabkan klaim ini karena forum itu telah ditutup. Saya sendiri adalah user sejak tahun 2002 yang cukup aktif saat itu.

Seingat saya, tulisan asli di KG saat itu tidak menyebutkan dirinya bekerja di New York City (KEMUNGKINAN BESAR, SIAPAPUN YANG MEM-FWD ARTIKEL INI TELAH MENAMBAH2KAN SESUATU.) User yang memposting tulisan itu tidak dapat dipertanggungjawabkan legitimasinya: dia memposting satu tulisan dan tidak pernah muncul lagi. SAYA TIDAK YAKIN DIA ADALAH WNI YANG TINGGAL DI AMERIKA. Dia bisa saja ‘seseorang’ yang, hanya Tuhan tahu siapa, mengarang cerita fiktif. Tulisan dia sendiri ada cacat:

1. Sistem lembur di dunia kerja USA.
Jam kerja yang ditetapkan pemerintah adalah 40 jam per minggu. Jika lebih dari itu, maka dianggap ‘lembur.’ Pemilik perusahaan selalu mencoba untuk menghindari ini karena uang lembur sangat mahal. Menurut hukum, untuk setiap jam lembur, pekerja berhak atas 1.5-2 kali lipat gaji per jam yang diberikan untuk 40 jam pertama. Terlebih dari itu, dari sisi pegawai, tak ada yang mau lembur lebih dari 45+ jam karena sistem tax-bracket USA menjadikan insentif ekstra itu sebagai bumerang: Semakin besar income tambahan perbulan, semakin besar juga PAJAKnya. Lembur bagi pegawai dan bos adalah sesuatu yang dihindari sebisa mungkin. Nah, si ‘Cina’ itu tak akan bisa kaya hanya dengan mengandalkan lembur semata. Besar kemungkinan dia ujungnya menghasilkan hanya sedikit lebih banyak dari yang tidak lembur, tapi jumlahnya akan membuat setiap manusia dengan akal sehat mengernyitkan dahi karena tidak setimpal dengan usahanya.

2. Beli barang cash, bukan ngutang.
Dalam sistem moneter USA, mengutang itu perlu! Ada yang namanya ‘credit score’ atau bisa dikatakan sebagai reputasi keuangan seseorang. Jika mengutang dan membayar tepat waktu, maka score-nya akan bagus. Score ini sangat dibutuhkan untuk melamar kerja, membeli rumah atau mobil, menyewa apartment/rumah, membuka usaha, mengajukan pinjaman pribadi ataupun mendapatkan suku bunga yang rendah untuk kartu kredit. Score ini menggambarkan kredibilitas seseorang, bukan hanya dalam cakupan uang semata, tapi juga dependabilitas seseorang sebagai penyewa properti ataupun pelamar kerja. Saya tidak pernah mendengar adalah orang membeli rumah dengan uang tunai disini, kalaupun ada, akan dicurigai sebagai kriminal karena transaksi melibatkan uang dalam jumlah besar harus dibukukan via instrumen keuangan karena diwajibkan oleh hukum. DARI SINI SAJA, SAYA SUDAH MERAGUKAN KREDIBILITAS SI PENULIS YANG NOTABENE TAK MENGERTI SISTEM2 YANG DIGUNAKAN DI USA.

Saya tidak bisa tak setuju dengan opini orang-orang Cina itu rajin bekerja dan ulet. 9 dari 10 yang saya lihat selama ini memang seperti itu. Tapi tetap saja tak semuanya serajin itu, selalu ada apel busuk dari satu pohon besar. Generalisasi terhadap orang Cina di USA sendiri tak begitu bagus. Tak sedikit dari mereka yang ‘memanfaatkan’ sistem social welfare untuk mendapatkan tunjangan tanpa harus bekerja. Dari sisi sosial, orang-orang Daratan dikenal kasar dan jorok.

Walau saya ber-darah Cina, saya tidak melihat kemiripan orang Cina dalam diri saya. Saya sendiri merasa bersyukur dibesarkan di Indonesia. Tumbuh diantara masyarakat yang sangat majemuk dengan beraneka budaya-suku-ras-agama, saya bisa lebih menghargai perbedaan dan belajar melihat dari sudut pandang yang berbeda.

Saya melihat itikad baik dari si penulis untuk menjadikan ini sebagai motivasi, tapi generalisasi tak selamanya bagus. Judul artikel ini seharusnya diganti menjadi: “Mengapa [kebanyakan] Orang Cina Sukses.” Untuk menghilangkan tendensi kalau SEMUA orang ber-darah Cina itu sukses, karena memang faktanya TIDAK SEMUA dari mereka itu berhasil, dan hilangkan kata ‘KAYA’ karena TIDAK SEMUA dari kami ini berkelimpahan harta! Sukses itu sendiri tidak bisa diasosiasikan dengan ukuran harta!

Semoga pemilik blog ini ikhlas untuk mengoreksi tulisan ini. Semua artikel berbau sentimen kesukuan tak akan pernah berfaedah baik, malahan akan menjadi bumerang bagi sumbernya. (Kerusuhan Mei 1998 yang diwarnai penjarahan terhadap warga Keturunan itu salah satunya dipicu oleh generalisasi ngaco kalau SEMUA dari mereka itu KAYA.)

Saya rasa generasi Indonesia sekarang cukup pintar dan bijak untuk tidak mengikuti tradisi leluhur ngaco yang telah membawa negara kita kearah seperti sekarang ini. Perubahan Indonesia ada di tangan kita. Toleran terhadap sesama, hormati perbedaan, bersatu dalam semangat kebersamaan, dan kita bisa bawa bangsa ini ke tempat yang lebih baik!

You may also like...

228 Responses

  1. hidup ini penuh dengan samdiwara dan hiburan, hidup yang sebenaarnya adalah kampung akherat…!!!!!!!!!!

  2. atho says:

    Wow artikel
    nya bagus juga….baru kali ini aku baca….yah bangsa indonesia,seperti aku sering memberikan m
    otifasi terhadap teman’teman dan relasi..kadang baru saja dapet untung besar pola makan sudah ganti sedikit mewah..surung simpan uang dibank susah…..

    • Orang china bisa sukses juga memang ke keluargaannya tinggi , bisnis di negeri rantau dengan modal bersama bukan sendiri-sendiri , ya kan !

    • Bisnis says:

      gak semuanya sukses kok, banyak juga yang ekonominya kebawah, mungkin karena jumlah orang cina di indonesia sedikit jadi mereka yang miskin jadi tidak terlihat. ada juga yang kaya dan suka sekali makan diluar dan bahkan selalu beli hp keluaran terbaru walaupun hp lama ada. tapi yang aku sering alami umumnya orang keturunan tionghoa agak canggung jika bergaul dengan orang pribumi dan mereka malah memilih untuk menyendiri.

  3. agus says:

    bangsa cina adalah bangsa yang kuat dan hebat patut untuk dijadikan contoh oleh bangsa lain..,
    thanks..,

  4. Laura says:

    Wow, artikel yang cukup bagus. Saya juga ada pengalaman dengan teman2 yang keturunan chinese. Waktu kuliah,dari segi kemampuan sebenarnya sama..malah..(tidak bermaksud sombong),dr segi akademis saya lebih unggul. Pas lulus kuliah, saya dan teman chinese saya ingin mendapat kerja dengan posisi yang lebih nyaman dan dengan gaji yang lumayan (faktor gengsi), sayangnya belon dapet2.. akhirnya dapet gaji yang gak terlalu lumayan tapi yang penting posisi nyaman dan ok.

    2 tahun kemudian, sebagian teman2 saya yang chinese justru berputar haluan menjadi pedagang alias jualan baju, selain itu dia juga ambil sampingan jualan properti, dll. Sebagian dari mereka mengajak saya untuk mencoba pekerjaan tersebut..cuma krn faktor gengsi dan malas serta faktor yang bukan passion pekerjaan saya, ya..saya menolak. HASILNYA…. sampe sekarang saya belum bisa cicil rumah.. teman2 saya yang chinese sudah membeli rumah dan mobil… hiks…hiks..hiks…
    tapi mereka tetap baik dan tidak sombong sih, kelihatannya aja mereka seperti individualistis tapi sebenarnya mereka baik kok ^^.

    LET THERE BE PEACE ON EARTH…

    • meme says:

      Setuju dengan anda, umumnya mereka keturunan tionghoa sedikit yang mencari pekerjaan menjadi karyawan, dan mereka lebih suka untuk berbisnis karena mereka juga memiliki orangtua yang terjun didunia tersebut.

    • andre says:

      Bener bgt!!haha. Sy sndiri kl dgr buka toko n jualan merasa gengsi. Tp bbrp tmn kakak sy (yg memang dunianya sdh begitu, jd mereka gak merasa aneh utk berdagang atau usaha mcm2) sdh sukses, menikah dll. Kakak sy sndiri? Stuck aja jd karyawan, gak sukses2, boro2 rumah, nyicil mobil aj jg gak sanggup, mskipun gajinya hampir 10

  5. Polasio Sihaloho says:

    Wah….aku sebagai orang pribumi salut dah liat orang tiong hoa…hebat hebat (y)
    Makasih gan info infonya sangat bermanfaat dan bisa diterapkan dikehidupan :)

  6. Whitening Serum Gold says:

    menginspirasi untuk hemat … hehehehehe

  7. ARLEN says:

    Bagi saya yang pernah bekerja di perusahaan Cina, saya juga mengagumi etos kerja orang Cina. Pekerja keras, penuh perhitungan, tidak bertele-tele seperti orang pribumi!!!! Orang pribumi kalau mau jadi kaya, ya PNS, karena mereka mikir..dengna jadi PNS akan ada kesempatan untuk jadi pejabat, sehingga akan membuka peluang bagi mereka untuk KORUPSI, KOLUSI, DAN NEPOTISME!!!! Kl bagi orang Cina, kalau mau jadi kaya ya wiraswasta!!! Saya sebagai pribumi sangat setuju banget itu!!! Orang pribumi…LABEL DOSEN MASIH AJA BODOH N MENUTUPI KETIDAKTAHUAN DENGAN ILMU YANG BERTELE-TELE!!! Gimana orang awamnya ya?????
    ORANG PINTAR ADALAH ORANG-ORANG YANG MAU BELAJAR…BELAJAR…DAN BELAJAR…karena pintarnya seseorang bukan ditentukan oleh gelar akademik..,tapi APA YANG BISA MEREKA BUAT DENGAN LABELNYA TERSEBUT????? Kalau orang Cina beda!!! BISA YA BAIK DALAM BENTUK PRAKTEK MAUPUN DALAM BENTUK TEORI…Ini guru PNS…Bodoh minta ampun, tapi bisa berlabel sertifikasi???!!! MAU JADI APA GENERASI INDONESIA INI KALAU MANUSIA YANG BERGERAK DALAM DUNIA PENDIDIKAN SAJA ADALAH MANUSIA-MANUSIA MUNAFIK YANG MENUTUPI KEBODOHAN MEREKA DENGAN ILMU YANG BERTELE-TELE!!!!
    Inilah pengalaman nyata saya karena saya berprofesi sebagai GURU LES PRIVAT DAN JASA BIMBINGAN SKRIPSI DAN TESIS DI KOTA BENGKULU..Trims

  8. Ginting says:

    ya menurut kajianku orang cina secara umum mmang sukses dalam hal ekonomi perdangangan mmang betul di sebabkan krn faktor budaya cina itu sendiri.saya sudah lama melihat cara hidup orang cina jadi menurut pengamatanku mereka punya hubungan yg erat antar kelg dlm hal usaha,bila satu usaha berhasil mereka akn buka cabang lg dst.dan yg paling buruk menurut ku mereka sangat Rakus dan buas menguasai Bumi Indonesia! contohnya Orang Cina begitu gesitnya menguasai lahan tanah di Riau n kalimantan untuk di sulap Perkebunan Sawit,sagu,karet dll ya coba cek di Riau di jamin masyarak kesulitan untuk bertani.dan parahnya lg dgn kelicikan mereka menyuap pejabat terkait untuk izin menguasai lahan masyarakat yg notaben sudah lm mendiami.jd intinya kita sebagai bangsa pribumi sudah seharusnya merapatkan barisan membendung penjajahan kaum cina dgn cara kita hrus saling bersatu padu dlm hal pembangunan ekonomi kita dan yg terpenting pemerintah berpihak kpd rakyat bkn kpd etnis china yg kolomerat!!!

  9. Saifullah Fil Ardhi says:

    wadduuuh Post yang ini gw suka banget. gw bukan cina sih. jadi bisa belajar banyak n semangat lagi nih. nice post gan. :)

  10. topan says:

    Saya asli pribumi,, tepatnya di palembang..
    Etnis Cina disini saling berbaur dgn masyarakat,,bahkan kita ga prnh merasa berbeda etnis,, inti nya disini (palembang) kita berteman,bergaul n bermasyarakat ga pandang sttus sosial.
    Saran saya sekali2 kalian mampir ke palembang,, mgkn cara pandang kalian terhadap etnis tionghoa akan berubah,,
    silahkan kalian mampir ke pulau kemaro dan mesjid cheng ho,, dsana klian akan memahami keakraban semua etnis.
    kalau pun cm karena 1 ato 2 org cina yg ga kalian suka mending lgsg kalian hajar,, wkwkwkkwk
    emang dari awal yg salah system pemerintahan negara kita,, sebagai penerus generasi kita harus berpikiran luas n maju.

    • hendri_jakarta@yahoo.com says:

      ,bahkan kita ga prnh merasa berbeda etnis,…………. wakakak wakakak wakakak wakakak crot

  11. jack says:

    Kalo cina smuanya diusir dari negri ini, org pribuminya bs jd kaya spti mrka ga? Bs jd pinter? Bs jd businesman smua? Bisa gak lapar lagi? Kalo bisa, brti salah si cina.. klo ga bisa, salah siapa?

  12. Anonymous says:

    umpama kita bercermin, kalau bayangan yg terpantul itu jelek masa’ kita salahin cerminnya? Sudahlah, jgn ribut trs, yok kite semua sabar,semangat,pantang menyerah dan kerja keras… Siapapun bisa sukses kok… ! percaya deh

  13. Zhyo Sung says:

    Drtd sy bca ada yg bilang hr smnghancurkan akarnya,sumbernya.,dibilang melarikan modal. Dan itu ditujukan kepada WNI keturunan. Bisakah anda lihat fakta? Siapa dalang dan sumber bhkan pengkotak kotakan ras di Indonesia ini? Yaitu pejabat dan petinggi negeri ini. Knp mrka mau disuap? Bkn kah di ajaran agama kalian , suap itu slh satu ujian? dan apakah pejabat yg notabene brasal dr kalanganmu itu menolak?? Hrsnya anda berpikir dahulu jgn menyamakan semua WNI keturunan dgn kasus yg prnh anda jumpai. Jangan menjudge krn anda hrs beraca diri, sepantas apa anda? Kekurangan terbesar negeri ini trletak di sektor pendidikan dan kesalahan terbesar Indonesia itu krn Petinggi /pemimpin nya!! Mereka punya kuasa, punya uang, punya segala yg dibutuhkan untuk bangun negeri ini, tp apa???? APA yg sudah mereka lakukan?????????????????????????????????? LIHATLAH,JANGAN BUTA !!!!!!!!! Jangan hny bisa melihat kekurangan org lain, tp berkaca diri, siapa kamu????!! Sudah jd apa kamu??? Indonesia itu butuh kedamaian dan kejernihan pikiran rakyatnya. PRIBUMI maupun NON PRIBUMI punya tujuan yg sama,,, yaitu memajukan bangsa INDONESIA. Sy tidak ingin malu terlahir di negeri ini. Sy ingin bangga terlahir jd bangsa INDONESIA!!!!!!!!!!!1

  14. terkadang juga banyak orang cina yang pada sukses lalu pada sok/gaya. namun ada juga yang baik hati, mungkin hanya salah pandangan orang pribumi terhadap orang cina/tionghoa

  15. Anonymous says:

    Benar Bro.. Org cina harus berbagi jaringan. Jgn cina saja yg boleh masuk jd bos2 jaringan.

    Ini semua gara2 soeharto yg mendiskriminasi pribumi dulu. Soeharto mendiskriminasi budaya cina tapi di ganti dgn memajukan dan memanjakan pengusaha cina..

  16. Anonymous says:

    Karna cina kompak, slalu mementingkan sesama cina, jaringan cina kuat..
    coba jaringan kalian yg slalu mementingkan sesama diputus??

    banyak tmanku cina yg hidup miskin (mreka bukan pemalas), penyebabnya jaringan mreka tdk ada..

    jaringan adalah kuncinya.

  17. Anonymous says:

    Yang jelas perbedaannya brada pada mata itu ajakok

  18. Haduh… runyam dah urusannya, :D
    Saya Pribumi, jujur saja… komentar berisi Cemo’ohan, Tuduhan, dan Pandangan miring yang dilakukan sebagian pribumi di atas terhadap Tionghoa di Indonesia hanya membuktikan bahwa sebagian pribumi memang layak berada pada taraf menengah ke bawah karena pola pikirnya yang sempit.

    Coba lebih terbuka lagi, orang pribumi yang jadi pengusaha sukses juga banyaak…
    Prinsip “Berakit rakit ke hulu, bersenang2 kemudian” bukan hanya untuk tionghoa kok..
    Siapapun, kalau mau kerja keras pasti bisa sukses… tanpa melihat dari suku manakah dia berasal.

    Where there’s a will, there’s a way.

  19. Jadi pengin tau, lantas dengan bagaimana orang cina menikmati harta hasil kerja kerasnya? apakan cara menikmati harta hasil kerja keras, orang cina & pribumi sebagai pembendanya?

    • Anonymous says:

      orang cina hanya menggunakan sebagian keuntungannya, untuk menikmati hasil kerjanya, karena kebanyakan bergerak dibidang usaha, jadi sangat tidak baik menggunakan modal usaha untuk di konsumsi, biasanya di lihat pada saat kawinan, masuk sekolah dan universitas ternama atau saat membeli rumah.

      orang pribumi cenderung lebih mudah membelanjakan uangnya untuk keperluan yang sifatnya lebih sosial, misalkan acara sunatan, kawinan, dengan meminjam uang harapanya uang bisa kembali, ini sebetulnya jeratan sosial budaya, kalau tidak ikut trend bisa dipandang miring (pelit atau miskin atau tidak bergengsi)

      tapi hal diatas tidak mutlak 100%, karena ada yang sudah berinteraksi maka ada sebagian pihak yang saling belajar sifat sifat diatas, banyak pribumi yang juga sudah berhasil, dikarenakan mencontoh sifat orang cina diatas, hanya saja tantanganya jauh lebih sulit dibanding orang cina yang belajar boros,
      ingat! hemat/efisien itu kadang disuatu budaya bisa dicap pelit, sebaliknya orang cina tidak menganggap hemat sebagai pelit, kalau sudah tau susahnya berusaha dibidang jasa dan perdanganan, (harus sabar dikomplen, ditawar habis habisan dan harus mandiri karena tidak ada bos yang mengawasi jam kerja)
      terakhir pameo orang cina, jangan berdagang kalau tidak bisa tersenyum.
      semoga orang pasar senen dan tanah abang bisa lebih ramah kalau dagang, biar tambah maju he he he

  20. erlangga anggodo says:

    makanya klo orang cina gak suka bergaul ma orang licik,maknya hidup kita hancur karena sifat licik itu..kenapa harus ada sifat licik…gw hidup sengsara karena diliciki,akhirnya gw cb hidup dengan licik tetapi orang lain lebih licik dari kita akhirnya gw hancur jg..setelah gw banding akhitnya gw ketemu ama kunci menjadi orang sukses 1. kita harus saling bantu-membantu sesama manusia tetapi ingat kita harus berpikir (bukan licik) jika kita membantu harus dengan kejam artinya harus ada timbal baliknya bantu uang dibals juga dengan membantu uang,bantu jasa dibalas dengan jasa. 2. kita hidup di dunia yang licik baik pribumi,cina,eropa..tapi ingat harus pandai memilih mana orang licik dan mana orang korban dari kelicikan kerna kedua orang tersebut merupakan pegangan hidup kita, ibarat saya mereka adalah pion untuk benteng saya..tetapi ingat jangan sekali-kali memberi makan terlalu enak kepada mereka karena kita yang punya benteng mereka yang harus mengikuti aturan kita.oleh karena itu buka pandangn dan pikiran kita akan hidup sukses tapi ingat SIAPA YANG MENCIPTAKAN KITA..kita sengsara dibuatNya karena kita suka berbuat licik kepadaNya karena kita selalu menjalankan laranganNya menghindari perintanNya bila kita mengikuti aturan mainNya maka kita akan terjaga. karena kita berada di benteng kehidupanNya Tuhan tidak akan memberikan kita nikmat hidup yang berlilapat karena Dia tahu kita pasti akan licik bila kita tidak mensyukuri atas nikmatNya yang diberikan.jadi inti kata dari saya cobalah untuk hidup wajar,normal tanpa ada beban bila orang lain sukses atau negara orang sukses kita belum berarti ada yang salah antara kita denagn sang PENCIPTA berubahlah kawan..berubahlah karena kita bukan termasuk orang yang licik

  21. Anonymous says:

    maaf reply..orang cina itu juga kita jg maksudnya, cina di indonesia bisa saling menjaga diri masing2,suka membantu sesama mereka (jika mereka pro terhadap pandangan mereka (cina))..contoh kecil tetangg gw padang dan cina orangpadang sampai ke anak yang bungsu bisa sukses karena mereka saling membantu, pertama mereka membantu ke 2 orangtuanya, kemudian anak pertama sukses bantu ngembangin anak kedua dan seterusnya..orang cina gitu juga malahan sauidara jauh yang beda agama juga dibantu asalkan mereka saling menghargai dan membantu..orang cina pelit orang padang pun pelit itu karena kita yang gak pernah suka atau suka membuat hati mereka resah akibat kita yang kurang senang dengan hidup mereka. berpikirlah yang wajar, bila kita suka menolong dan menghargai orang lain dengan tulus maka kebaikan kita akan dibalas dengan kebaikan juga,bila dalam diri kita akan hidup liicik maka orang akan licik dari kita tolong di PERHATIKAN..gw sadar karena gw sendiri termasuk orang2 sesat..

  22. Anonymous says:

    Prinsip pribadi sy adalah 9 J: Jangan korupsi/mencuri, jangan malas, jangan putus asa, jangan gengsi, jangan boros, jangan nipu, jangan iri hati, Jangan buat maksiat, Jangan lupa berdoa & sedekah.

    Mudah2an sukses akan lebih dekat dgn kita..

  23. Anonymous says:

    salut.. komen”nya….. uda hampir 1 thn… keren….

  24. Anonymous says:

    Yang harus dihilangkan adalah fanatisme suku berlebihan dalam ekonomi dan politik. Semua suku harus membaur dan bersatu.
    Sikap fanatisme berlebihan dalam suku ini adalah sikap rasis sebenarnya. Karna sikap seperti ini tidak memberikan kesempatan dan keadilan pada yg lainnya. Karna fokusnya hanya kesesama etnis dan memonopoli bidang2 yg mreka kuasai..
    Kita harus bersatu membaur dan bergaul..

  25. Anonymous says:

    Wah luar biasa semua komentar diatas, Saya beri A+ dulu sebelumnya kepada sahabat-sahabat saya disini.
    Sebelumnya maaf.
    Bukan mau membela etnis cina ataupun pribumi.
    Menurut pendapat saya dan berbagai ilmu pengetahuan yang didapatkan di Indonesia. Saya hanya menyimpulkan tidak ada Rakyat Indonesia diajarkan untuk membenci perbedaan suku. Karena sudah jelas di Bhienika Tunggal Ika, walaupun berbeda-beda kita tetap satu.
    Soal Katanya sahabat-sahabat diatas cina numpang atau sebagainya, itu salah. Dahulu kala sebelum merdeka itu ada kemungkinan, tapi setelah merdeka mereka yang disebut cina adalah keturunan tionghoa dan mereka adalah Rakyat Indonesia yang berkebangsaan Indonesia, cuman sukunya saja yang beda. Indonesia kita mengetahui ada banyak suku. Tapi saya tidak mau membahas SARA.
    Untuk lebih diketahui dan dipahami, tidak ada yang namanya pribumi atau nonpribumi.
    Satu hal juga yang perlu diketahui, siapa bilang di pemerintahan Indonesia tidak boleh ada suku keturunan tionghoa. Buktinya Wagub Ahok keturunan Tionghoa. Dan masih banyak contoh lainnya lagi keturunan Tionghoa yang duduk dikursi pemerintahan Indonesia.
    Jadi cobalah berpikir lebih efisien sebelum mengeluarkan pendapat.
    Jika berkeinginan kaya atau harta melimpah. Harus kerja keras dan banyak menabung, serta berinventasi. Banyak berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing sahabat.
    Jangan belanjakan uang sahabat-sahabat untuk hal yang tidak berguna. Saya rasa sahabat-sahabat mengerti dan pernah belajar di Ekonomi SMP. Maaf jika ada yang tidak tamat SD ataupun tidak bersekolah dulunya.
    Untuk itu, Saya harapkan sahabat-sahabat disini lebih berpikir luas kembali, saling menghargai, saling berkesinambungan, satu hal yang membuat kita semua bangsa Indonesia diremehkan, karena saling tikam-menikam dan menjatuhkan sesama bangsa sendiri yang bermacam-macam ini. Ingat tidak ada pengaruhnya SARA yang membuat kita kaya. Diri sendiri yang bisa menjawab, Bisakah kaya sahabat-sahabat semua disini. Salam Indonesia, Selamat Pagi, Assalamualaikum.
    Tertanda
    Ronie Cloudz Cobain (FB)

  26. Anonymous says:

    Biar raiku jowo, cino, batak, madura, dayak, ambon tp aku cinta indonesia! Wkwkwkkwk

  27. Wina says:

    saya Warga Negara Indonesia, lahir dan besar di Indonesia dan hanya bisa berbahasa Indonesia, saya merasa sebagai orang Indonesia, tapi orang di sekitar saya selalu memanggil saya dengan sebutan Cina, amoy dst :

    1. Waktu kecil dari TK-SMP saya di sekolah negeri( hanya saya yang keturunan Tionghoa) dan saya sering mendapat diskriminasi
    2. Untuk pelajaran Bahasa Indonesia saya selalu mendapat nilai terbaik di kelas
    3. Saya juga menyukai makanan Indonesia seperti ayam kalasan, gudeg, rendang padang, ketoprak, gado gado, nasi liwet, nasi langgi

    Saya rasa saya dan teman2 lain sudah cukup berbaur, tetapi kenapa selalu ada diskriminasi ???

  28. Artikelnya bagus,,saya orang pribumi asli kalimantan,orang cina di indonesia memang terbukti ia berhasil atas kerja keras mereka,saling membantu yg kuat membantu yg lemah begitu sebaliknya,jika kita pribumi bisa seperti mereka maka negeri ini akan maju,artikel ini sbenarnya untuk di nikmati,di cermati,di pahami,dan di lihat dari kehidupan nyata,semua manusia tidak ada yg mau hidupnya susah,artikel ini untuk memberikan ilmu kepda kita untuk saling berbagi pengalaman yang nyata dalam dunia,,salam damai buat semua sahabat2 di artikel ini..

  29. martin says:

    Udah dari pada ribut” mendingan usul presiden, yg chinese dari seluruh indonesia dikumpulkan aja jadi satu pulau dan diberi otonomi khusus. Jadi tdk ada lagi ribut” ttg perbedaan ekonomi, pendidikan, pemerintahan dan sosial. Yg chinese biar bersaing dgn yg chinese dan yg pribumi tetap dengan yg pribumi. Damai lah indonesia. Gimana?

    • Anonymous says:

      ya jangan dong, entar kalau maju seperti singapura hongkong taiwan gimana? bisa-bisa diinvasi imigran dong, kecuali ada peraturan/ijin khusus bagi orang luar pulau untuk masuk wilayah otonomi tersebut, lah kompleks gua saja yang sudah bayar iuran ini itu+pajak dari pemerintah, tetap saja diinvasi dari penduduk kampung sekitar.

  30. Anonymous says:

    Hmm comentnya pnjang².terserah mw etnis apa.trsrh mw berkulit apa.trserah mw brbahasa n berbangsa apa.stiap manusia brtnggung jwb sndiri ats skcil appn hal² baik n buruknya yg pnah dlakuknny di dunia.mnusia bkn tuhan.jd gpntas men judge ssama mnusia.artikel diatas kan bsa qt ambil sisi positiv n mmbuang sisi negativ.OCIM GARIS NETRAL TP TEGAS.

  31. pu2nk-69 says:

    wadoo…ancur ni blog..kok pada berantem..yang merasa berKTP INDONESIA.ayo kita bersama-sama kumandangkan lagu INDONESIA RAYA dan berpegang pada BHINEKA TUNGGAL IKA..dan mari kita bersama-sama membangun negeri tercinta ini,dengan segala kemampuan dari keberagaman yang dimiliki negeri kita ini menuju negeri dan negara yang lebih baik..MERDEKA..!!!

  32. Anonymous says:

    Keturunan Cina
    menguasai perekonomian
    Indonesia! Mereka menghisap
    kekayaan pribumi sampai habis,
    lalu melarikannya ke luar negeri.
    Nasionalisme! Mereka tidak peduli
    terhadap bangsa Indonesia, hanya
    loyal terhadap tanah leluhur di
    daratan Cina sana. Sebagai bukti
    kita bisa lihat kewarganegaraan
    mereka, banyak yang tidak
    berwarganegara Indonesia. Masih
    saja mengagung-agungkan bangsa
    leluhur di daratan Cina sana.
    Selama penjajahan, mereka juga
    memihak pada Kompeni sehingga
    diberi kasta di atas pribumi.
    Eksklusif, tidak mau berbaur.
    Mereka sendiri yang tidak merasa
    jadi bagian dari Indonesia. Yang
    dipikiran mereka hanya uang. Coba
    tengok, mana ada orang Cina di
    desa-desa. Memacul tanah dan
    bergelut dengan tahi kerbau.
    Mereka hanya berkumpul di kota-
    kota besar dan bergaul dengan
    sesamanya saja. Kalau tidak,
    kenapa sampai ada pecinan
    segala?! Indonesia tidak butuh
    penduduk seperti mereka!
    Selamatkan pribumi dengan
    mengusir mereka! Makmurkan
    bangsa asli dengan membantai
    mereka!

    • Ini komentar busuk. kentut sama kau. dasar kau orang paok, ya paok aja.
      miskin, miskin aja. gk ush banyak cakap.
      INDONESIA TIDAK PERLU ADA PENDUDUK SEPERTI KAU.
      SEBAGAI WARGA YANG SOK PRIBUMI, TAPI KAU MEMALUHKAN INDONESIA.

    • Anonim 28 juli 2013 12.21.00:
      “Melihat kata2 anda yg bgitu indah , saya rasa anda MENGCOPY-PASTE kan kata2 dari internet…
      Wwkwkwk

    • Anonymous says:

      lah koruptor yang asli pribumi saja, pada ramai ramai shopping di singapura, termasuk pejabat indonesia yang di disini berpakaian alim, di singapura langsung dilepas tuh atribut alimnya, makanya sebelum menuduh orang lain berkacalah pada diri sendiri, minimal diam !!!! jangan banyak bacot, kalau tahu masih ada salahnya.

  33. Anonymous says:

    Yang membuat org CINA dibenci adalah sulitnya mereka membaur.. kalo seandainya mereka mau membaur mreka tdk akan jd korban mei 98. Org CINA maju karna jaringan antara sesama mreka kuat. yg punya pabrik agen impor brg dr RRC dan singapore dan perusahaan kan mreka.. gimana ga terjadi monopoli. makanya toko mreka maju.. smentara pribumi mendapat diskriminasi kalo membeli ke agen grosir cina dan penyalur barang cina.

  34. Anonymous says:

    ya jelas aja sukses n kaya… lhaa kalo kredit pinjaman modal di bank cepat cairrr… coba orang pribumi pinjam kredit modal di bank.. dijamin 1 tahun cairr…!!!!! coba liat aja kenyataan nya!

    • tidak pernah berkaca. ngaca sekali-sekali…
      ANDA SAJA YANG LIHAT KENYATAANNYA.
      kalau ANDA yang meminjam, ya sudah pasti tidak cair.

      kenapa cepat cair di bank ?
      karena sanggup bayar, tidak seperti ANDA orang miskin.
      orang pribumi pun kalau sanggup bayar kredit, ya pasti langsung cair.

      BANK yang memberi pinjaman juga orang pribumi instansi pemerintah,
      Karena ada kepercayaan.

      ANDA KALAU HANYA INGIN MENJADI PROVOKASI, tidak mampu bersaing, jangan jadi ORANG INDONESIA.
      Letakkan diri anda ditong sampah.
      SARAN ++ : CEPAT AKHIRI HIDUP ANDA.

  35. Anonymous says:

    Janganlah semua perkataan dan pikiran dengan mana yang lebih baik membuat kita saling membenci dan berpikir picik. Sesuatu tidak akan betul jika kita lihat dari sudut pandang kita saja kita harus melihat sudut lain juga. Toh kita kan hidup di tempat yang sama kita harus saling bersatu jelek dibuang, bagus diambil. Bagus tidaknya kan bukan hanya dari kita saja yang menilai.

    Karena tulisan saja kita bisa berkelahi, jadi marilah saling improve diri agar menjadi pribadi yang baik.

  36. Anonymous says:

    Tionghoa, pribumi = manusia. tionghoa, pribumi = ada yang jd bos, ada jg yg jd karyawan. Ga semua tionghoa kaya, ga semua pribumi miskin. Kita sebenarnya sama. di tionghoa ada yg rajin, ada jg yg malas. Di pribumi jg sama, ada yg malas, rajin jg. iri boleh, tapi jangan sampai sifat iri itu jd rasis. justru bagaimana caranya agar kita seperti mereka. Maju seperti mereka, bukannya iri and ujungnya caci maki. Sifat iri yg bisa mendorong jd lebih maju, bukan sifat iri yg meruntuhkan. Berpikirlah positif dalam menjalani hidup, damai lbh indah daripada ribut :D

  37. Saya juga mengalami diskriminasi di negara ini, padahal saya WNI asli. Ayah saya merantau dari sumatra utara ke Lampung sejak tahun 1980an.. suku saya suku Batak….. sejak kecil banyak teman – teman saya di sekolah yang mengejek suku dan agama saya.. Terkadang itu membuat saya merasa terasing, rendah diri dan sedih untuk hidup dinegeri dimana nenek moyang saya lahir ini (Indonesia)… Padahal dulu kakek saya adalah pejuang kemerdekaan dan pernah ikut beberapa pertempuran untuk mempertahankan NKRI… Ketika saya kuliah , saya dipersulit, bahkan seringkali dosen saya memanggil “hey Batak”, bahkan di depan adk2 tingkat saya dikampus… Saya berharap tidak ada diskriminasi apapun di negeri Indonesia ini….walaupun saya sering mendapatkan perlakuan diskriminasi… Namun saya tetap cinta Indonesia,, sebagaimana kakek saya pernah berjuang mengangkat senjata untuk mempertahankan NKRI… Saya sangat sayang Indonesia, saya berharap bangsa Indonesia bisa saling menghargai, menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan….Saya ingin tanah air saya… Tanah air Indonesia, kembali kepada ruh jaman perjuangan 1945… dimana setiap orang, tanpa perbedaan dan saling menghargai, berjuang untuk kemajuan bangsa dan negara… Saya ingin bangsa Indonesia dan tanah air saya, tanah air Indonesia ini, menjadi bangsa dan tanah air yang maju di dunia…. Merdeka!

  38. Anonymous says:

    Apa pada ga sadar, orang pribumi mendiskriminasikan orang cina.
    Kami sukses dengan usaha kami sendiri. Bukan menjarah dari pribumi.
    Kita dapet duit ya dari keringet kita dari hasil yang halal. Bukan ngejarah.
    Kita buat usaha ya untuk menghidupi keluarga.
    Mana pernah mrngambil dari tanah lu.
    Seandainya kita ngambil, juga kita bayar.
    Jangan cari kejelekan orang lain.
    NGACA DULU DEH.

  39. Terserah kalian mau cari makan dengan cara apa aja asal jangan mengusik kehidupan orang lain.

  40. Anonymous says:

    Sy pribumi.
    Sy bnyk mendengar bahwa bnyk org pribumi benci dan anti Tionghoa terutama krn kesenjangan ekonomi. Buat org2 pribumi coba kita introspeksi dulu sblm benci kaum Tionghoa krn kekayaan mrk.
    Anda2 yg pribumi ketika butuh sesuatu, mulai dari beli alat2 rumah tangga, sembako, alat2 elektronik, hal2 yang kecil sampe Anda mw bangun rumah dan sakit segala macam sakit gigi sampe sakit jantung Anda perginya ke mana? Coba jwb….
    Kebanyakan anda pergi ke toko tionghoa atau dokter2 dan para profesional tionghoa bukan? Mengapa anda lebih bnyk ke toko tionghoa drpd pribumi? Tidakkah anda2 melihat bahwa kaum pribumi sebenarnya bnyk juga yg dagang dan pny toko tp anda jarang beri mrk kesempatan utk maju krn uang anda larinya sebagian besar ke tionghoa?

    Di sini saya melihat bukan orang tionghoanya yg terlalu cerdas atau semacamnya tp kita (pribumi) yg memang masih (maaf) terlalu bodoh. Tionghoa2 itu kaya krn kita pribumi juga yg membuat mrk kaya, tp ketika mrk kaya krn kita membuat mrk kaya, kita pribumi lantas protes, membenci bahkan melakukan diskriminasi. Apakah anda yg pribumi tdk melihat sebuah ketololan di sini?

    Sy tdk bermaksud utk kampanye boikot dan sebagainya, sy hanya ingin mengatakan bhw logika kaum pribumi dlm mencerna situasi rata2 agak (maaf) kurang berfungsi.
    Sudah, sebaiknya kita hidup saling rukun saja. Tionghoa kaya krn kita pribumi beli dagangan mrk, pribumi juga banyak yg dpt pekerjaan krn dipekerjakan org Tionghoa. cukup adil…

  41. Anonymous says:

    Uda klo gt pul aja si cipit kenegaranya biar usahanya diterusin ama pribumi.gt ajs kok pd rame

  42. Anonymous says:

    aneh. kebanyakan orang-orang (pribumi) di sini kok sampe segitunya. justru seharusnya kalo mereka (chinese) sukses, bisa jadi pelecut semangat untuk bersaing dengan mereka (chinese). Tak terhitung bangsa pribumi di sini yang sukses dan kaya. Dan tak terhitung juga orang orang miskin tak berpendidikan (Chinese) di negara sana (RRC). Intinya sama saja, asal kita mau berdoa & bekerja keras pasti semuanya bisa kita raih. lalu, jika merasa dirugikan kerja di orang-orang chinese, ya jangan mengkambing hitamkan mereka. cabut saja, dan kerja di tempat lain. Selalu ingat lah kepada yang maha kuasa.

    sekian dari saya, mohon maaf jika ada saudara saudara sekalian yang tidak sependapat dengan saya.
    wasallamu alaikum wr. wb.

  43. Anonymous says:

    hidup adalah pilihan…..maunya gmn?tergantung kondisi orang per orang dengan resiko masing2…bangsa apapun di dunia ada yang baik dan yang jahat…hanya orang yang picik yang gak mau tau soal ini…memang sih ada banyak cina yang brengsek tapi pribumi yang brengsek juga gak kalah banyaknya….orang cina gak punya pilihan jadi pada usaha jadi bos sendiri….abis mo kerja apa? coba deh di jawab…klo pribumi kan enak gak mampu beli rumah ya bisa bangun rumah di pinggir kali(tanah orang/pemerintah)…klo di gusur ya minta ganti rugi…klo sifat gini bagus apa nggak???tolong di kasih pencerahan ya…..klo cina bisa semudah itu mungkin gak akan pelit lagi….

    • Anonymous says:

      Mereka yang tinggal di pinggir kali dan di jalanan adalah pengungsi ekonomi dari desa desa, yang sejatinya bermata pencaharian bercocok tanam. Tetapi seiring waktu, lahan mereka dibeli/rebut paksa dengan cara cara tidak beretika yang mereka terlalu lugu untuk mengerti, oleh…. siapa lagi kalo bukan pemodal pemodal besar disokong saudara saudara tua dari tanah leluhur.

      Dan kesabaran suatu bangsa, setolol apapun mereka, ada batasnya. Setelah ini bangsa ini akan memakai sistem Malaysia yang terbukti berjalan stabil untuk menghindari kekerasan. Apa itu sistem Malaysia??? Lihat sendiri di Google.

      Sudah cerah belum? Kalau belum, pulang saja deh…

  44. Anonymous says:

    Ya salah pribumi sendiri sih, dirampok diam saja. Yang harusnya jaga, malah mau dibayar receh sama perampoknya. Dimana mana didunia, jika ada tamu tidak diundang, sebagaimanapun hemat dan rajin mereka, jika saat sudah diminta pergi ya harusnya pergi dong. Orang pribumi Indonesia aja yang terlalu baik dan lugu.Apalagi si ‘tamu’ mengambil segala isi rumah seenaknya. Mungkin suatu hari orang pribumi Indonesia otaknya dibangunkan, seperti dulu monyet mengalami kesadaran bahwa dia bisa berjalan tegak, dan begitu sadar, mungkin akan teriak ‘stop!’ ke kawanan rampok tersebut. Dan mungkin juga rampok nya yang sopan sopan itu akan keluar aslinya yang menunjukkan betapa kotor isi hatinya bahwa mereka tidak bermaksud baik yang pada intinya masuk ke rumah orang (mungkin juga di rumahnya ga ada makanan, jadi harus curi) tanpa diundang. Apalagi jika nanti diminta pergi, mereka akan berteriak minta tolong ke tetangga tetangga seakan akan mereka yang benar sehingga pribumi yang punya rumah malah digebuki. Semoga otak pribumi dibangunkan sebelum semua itu terlambat.

  45. Anonymous says:

    Tidak ada satu pun negara merdeka yang paling bodoh pun di muka bumi ini yang membiarkan hartanya di persembahkan di jarah habis habisan dan dibawa kabur kepada bangsa tamu, sedangkan anak bangsanya sendiri dibiarkan kelaparan di jalan. Bagaikan memohon untuk dilacur.

    Betapa Hina bangsa ini.

  46. Anonymous says:

    (P5)
    Intinya, perusahaan Chinese di Indonesia sangat menguras energi karyawannya, bahkan dulu saya sering kehilangan absen sekian jam lembur, karena lembur hanya akan dihitung jika lebih dari jam 7 malam. Jadi jika kita kebablasan kerja sampai jam 6, terus pulang, nah yang satu jam gak akan dihitung. Taulah, Chinese emang gak pernah mau rugi, untung yang dikejar, bukan nurani yang diambil. Pemerintah Indonesia memang lalai dalam masalah seperti ini, pengusaha2 Chinese sering semena-mena dalam mempekerjakan karyawan, sedangkan hak2nya sering dirampas oleh pengusaha2 licik dan tak tau diri! Sesuai pengalaman saya bekerja dengan orang luar negeri, katakan Bule lah, menurut saya lebih manusiawi. Asal komunikasi dan berbahasa lancar, maka bekerja pun terasa lebih ringan, dibandingkan bekerja di Indonesia, karyawan selalu diibaratkan babu hanya saja berbalut busana eksekutif.
    Catatan: Itu fakta bukan provokasi gak penting.

    • topan says:

      Sy kasih sdkt pncerahan gan, saya pribumi asli,,
      dulu saya kerja diperusahaan china,, tp syg nya sy disikut sm rekan kantor sesama pribumi,,
      bos saya cina,, swktu saya down malahan dy yg ngerangkul saya n masukin di perusahaan baru..
      jd intinya semua karena cara pandang agan, yg pntg kita kerja ikhlas (berlian tetep berlian) kerja spnh hati n ga prlu ada prsaan beda etnis.
      System pemerintahan kita yg salah,,

  47. Anonymous says:

    (P4)
    Lalu setelah saya keluar dari perusahaan Chinese, pindah ke perusahaan manufaktur asal Australia, Alhamdulillah saya bisa dikatakan sejahtera, sudah punya rumah dan anak, jabatan pun gak ngejatuhin harga diri, ketemu lagi sama temen orang Jawa yang seperusahaan dulu, mukanya penuh beban, eh masih aja jadi GA, betah amat jadi pemimpin hampa. Berdasi tapi tak punya harga diri. Gaji aja kok jadi gedean saya 4 kali lipat.Tapi kalo urusan ngomong mah tetep sama, tetep keliatan settle, sok mapan. Meski saya tau dia rumah aja masih ngontrak.

  48. Anonymous says:

    (P3)
    Terus cerdiknya si Chinese ini sengaja jadiin orang Jawa sebagai kepala divisi, dijadiin pemimpin, diperas pemikirannya, diperalat kemampuannya, terus bayar aja dengan semurah2nya, kalo protes, sumpel aja pake pujian, orang Jawa kan haus sanjungan. Suruh aja si Jawa omongin kehebatan bangsanya, eh langsung lumer di kaki si Chinese, rendah banget harga dirinya. Mudah diperalat. Kalo saya mah sih gak sudi harus tunduk sama Chinese. Terus akhirnya saya resign setelah jadi Purchasing Manager.

  49. Anonymous says:

    (P2)
    Terus kalo karyawan Chinese pasti ditempatin di divisi Accounting, Promotion etc di lantai 3 ke atas, sedangkan pribumi ditempatin di lantai dasar jadi resepsionis, OB, tukang parkir, babu delivery etc. Saya orang Sunda cuma di lantai 4, suka dikucilin sendiri karena mereka pada ngomong Hokian, tapi kerjaan aja numpuknya ke saya, trauma jadinya. Paling Orang Jawa yang rada dikasih space karena mereka kan seneng dipuji, seneng dianggap pemimpin meski gaji dibayar setengah sama si Tan Wien. Kasian.

  50. Anonymous says:

    (P1)
    Saya pernah bekerja di perusahaan Tionghoa. Selama bekerja, aduh sifat liciknya itu luar biasa. Hari Sabtu mesti kerja, pulang jam 5 disindir, mau nikah diledek karena dianggap menurunkan kinerja dan nantinya minta naik gaji, gaji selalu telat, kalo belanja operasional selalu ngutang terus minta potongan sepersekian puluh persen di akhir periode, kalo karyawan salah ngehinanya kejam, KTP 3 dengan data agama beda2 kecuali KTP Islam, polisi digandeng supaya aman kalo urusan izin usaha sama pajak.

  51. Anonymous says:

    Iya gan,memang cina itu tahan banting orangnya.
    Saya lihat sendiri kok,setiap hari dengan mata kepala saya sendiri.
    Kagum sangat kagum sekali sama mereka.

  52. Freya says:

    Saya keturunan Cina,
    Gak bermaksud sombong atau apa,saya cuma share.
    Alhamdulillah prestasi saya bagus di sekolah,selalu dapat 3 besar,dan setiap kenaikan kelas,anda tahu apa yang dikatakan teman-teman saya? “Memang Orang Cina,pantas saja pintar!Kok nggak sekalian saja sekolah di sekolah cina!Kenapa harus disini!” begitulah katanya.
    Kata-kata itu membuat saya sedikit tersindir,tapi saya juga nggak begitu peduli.
    Dan waktu awal masuk SMP,danem saya tinggi,urutan 4 terbaik.
    Saat saya kumpul sama teman-teman saya,mereka malah tanya “kamu cina ya?”
    Jujur saya bingung,ada apa sih sama orang cina,segitu bencinya mereka.
    Bahkan saat saya ada masalah,mereka terkesan menghindari saya (saya setiap tahun pasti dimusuhi),dan saat saya berhasil,mereka malah mendekati saya.
    Saya sangat tahu apa maksud mereka,apa mau mereka,dan bagaimana sifat mereka.
    Tapi saya membiarkan saja,biar mereka selalu mem-bully saya,selalu memojokkan saya,memanfaatkan saya,munafik ke saya,saya gk peduli dengan mereka.Saya hanya peduli untuk apa saya disekolahkan,saya sekolah bukan buat ngeladenin mereka,saya disekolahkan untuk meraih cita-cita saya.

    Dan begitulah,yang ada dipikiran saya,mereka berpikir terlalu pendek,dan terlalu mudah memvonis sesuatu.
    Teman-teman saya,selalu memanfaatkan saya,kalau saya sudah muak,mereka malah memojokkan saya.Astaughfirullah,salah saya sebenarnya apa sih?Saya gak pernah melarang mereka minta tolong ke saya,tapi ya jangan berlebihan,masa’ semua harus saya bantu?mereka gak berusaha?bukankah kalau begitu sama saja saya membiarkan mereka semakin bodoh dan hanya tergantung pada orang lain?Semoga saja mereka sadar,semoga mereka mau berfikir panjang dan lebih pintar.

    • Anonymous says:

      Oh ya, saya prihatin.

      Tahun depan akan ada UU baru bahwa keuntungan yang berasal dari Indonesia tidak boleh di transfer ke luar negeri, pembatasan monopoli bisnis dan pelarangan kredit modal bagi warga negara yang memiliki kewarganegaraan lain secara otomatis sebagai pencegahan kebocoran yang merugikan bangsa.

      Selamat Datang di Indonesia Baru.

  53. Anonymous says:

    WAHAI TIKO TIKO PRIBUMI ANJING BIN TOLOL BINTI CACAT MENTAL.

    SEBEGITU DUNGU NYA KAH KALIAN? ISI NEGERI KAYA INI DIKURAS HABIS HABISAN DENGAN KERINGAT, AIR MATA DAN DARAH KALIAN SENDIRI YANG MURAH, UNTUK DIJUAL DI PASAR INTERNASIONAL DENGAN HARGA MAHAL DAN HASIL NYA DIBAYARKAN KE REKENING REKENING DI TETANGGA NEGARA PURA PURA. SEHINGGA TIDAK ADA UANG KEMBALI KE TANAH TUMPAH DARAH INI UNTUK MEMUTAR LEBIH LANJUT RODA EKONOMI, UNTUK MEMBERI NUTRISI OTAK ANAK ANAK KALIAN, SEHINGGA GENERASI GENERASI BERIKUTNYA TERPAKSA JADI LACUR DAN TKI DEMI SESUAP NASI.

    HASIL SEDIKIT YANG MASIH TERSISA YANG KALIAN SIMPAN DI BANK YANG SEHARUSNYA UNTUK MEMODALI DAN KEMBALI KE EKONOMI KALIAN PUN DISALURKAN UNTUK MENDANAI PROYEK PROYEK MEWAH BANGSA TERTENTU YANG PROSES DAN HASIL TIDAK AKAN PERNAH BISA KALIAN NIKMATI.

    DI NEGARA YANG KAYA RAYA INI KALIAN MISKIN LAPAR DAN BODOH KARENA PENDIDIKAN YANG DIJUAL KEPADA KALIAN SECARA MAHAL ADALAH KW3 ABAL ABAL YANG DINEGARA NEGARA TETANGGA PUN KURANG LAYAK UNTUK DIGRATISKAN SEKALIPUN. DARI KEBODOHAN, MUNCUL KEMISKINAN, DARI KEMISKINAN MUNCUL KELAPARAN DAN KEBIADABAN. DAN BEGITUPUN SETERUSNYA LINGKARAN SETAN TERUS BERLANJUT SAMPAI AKHIR JAMAN.

    TIDAK CAPEK KAH KALIAN JADI MISKIN, LAPAR, BODOH DAN BIADAB ???

    TIDAK CAPEK KAH KALIAN JADI JONGOS DAN BUDAK DI TANAH SENDIRI KARENA KETOLOLAN KALIAN ???

    KAPAN KALIAN SADAR BAHWA KALIAN SUDAH DIRAMPOK HABIS HABISAN ???

    KAPAN AKAN KALIAN HENTIKAN ITU SEMUA ???

    ATAUKAH IMPIAN MASA DEPAN KALIAN ADALAH KEMBALI HIDUP DI POHON MENUNGGU PISANG YANG RANUM. KARENA MUNGKIN HANYA PISANG LAH YANG KALIAN INGINKAN DARI HIDUP INI ???

    JIKA BEGITU SIA SIA LAH SEMUA PERJUANGAN DAN PENGORBANAN SEOKARNO, HATTA DAN SEMUA NENEK MOYANG KITA.

    SIA SIA.

  54. Anonymous says:

    Stres ne para pribumi yg salahkan ciNa,sibuk cari2 kesaLahan ciNa,pdahaL mreke lebih hina. Aku asli pribumi asal padang,q bisa berKata seperti ini karNa q pny mata yg bsa mempehhatiKan bagaimana ciNa & pribumi. , cina sangat baik etos & semangat kerja,jadi wajar kLo semua sukses. Anda marah,ayo hakimi saya k Fb : save rizkamarcelina dihatimu. Ada yg bLg ciNa dikampungnya maling & copet,oii coba lihat diberita tiap hari,adakah cina buat rusuh di indonesia ini,spt maling,jampret,pembunuhan. MaLah asli pribumi,yg buat kerusuhan. AstafiruLLah,jika beragama,ngk usahlah takah itu bana munafiknya.

    • Anonymous says:

      Ya benar. Kau hina sangat…

    • Anonymous says:

      Me’, tiap ekor maling & copet korbannya paling satu dua sekali ‘aksi’. Kalo yang macam ini: edi tansil, djoko s tjandra, sjamsul nursalim, anggoro, anggodo, hartarti murdaya, robert tantular, anton tantular, sukanto tanoto, hendra liem, irawan salim, david nusa wijaya, samadikun hartono, lesmana basuki, dan masih banyak yang kelas kroco, sekali ‘aksi’ korbannya puluhan juta orang yang naruh duit di bank (kan modal usaha mereka pinjam dari bank2 lokal yang notabene asal duit dari setoran rakyat) belum lagi kalo ada apa2/dibawa kabur yang nalangi pemerintah (yang duitnya juga dari rakyat). Pantesan rakyat pada melarat terus ga diberi pendidikan. Kaya lu gitu. Otak gak nyampek.

  55. Anonymous says:

    KOMPAS
    elsa
    Minggu, 5 Mei 2013 | 00:43 WIB
    welldone, kamu hrs mengerti. semua bisnis di indo dikuasai pribumi melalui BUMN. yg korupsi jendral pribumi dan eslamqx. bohong kalo mata sipit menguasai bisnis di indo. ok?

    george dobelyubush welldone
    Minggu, 5 Mei 2013 | 00:47 WIB
    hehehe, tau bursa saham gak cik? :))

    elsa
    Minggu, 5 Mei 2013 | 00:54 WIB
    karena itulah aku dukung papua merdeka dr NKRI spy bisa menentukan nasibnya sendiri.

    george dobelyubush welldone
    Minggu, 5 Mei 2013 | 00:56 WIB
    emang ngaruh dukungan lu ncik?

    komeng suromeng
    Minggu, 5 Mei 2013 | 01:14 WIB
    edi tansil, djoko s tjandra, sjamsul nursalim, anggoro, anggodo, hartarti murdaya, robert tantular, anton tantular, sukanto tanoto, hendra liem, irawan salim, david nusa wijaya, samadikun hartono, lesmana basuki..cek aja om siapa mereka

    Gue Kira
    Minggu, 5 Mei 2013 | 01:28 WIB
    Kekayaan seluruh BUMN hanyalah 1/20 kekayaan 10 kolomenjing teratas

    elsa
    Minggu, 5 Mei 2013 | 01:37 WIB
    gue kira, bacalah laporan keuangan BUMN. masa aset pertamina, semen, PGAS dan batubara bisa dikalahkan bisnis matasipit.

  56. hidup jawa says:

    kamu pasti anak kecil ya, kok yang dihafal cuman tahun 98 aja. 98 itu belum apa-apa dibandingkan tahun 80 yang menyebar di daratan jawa. tahun 60 juga ada kok di daerah brebes dan sekitarnya, makanya bung karno memerintahkan supaya orang cina gak boleh di kabupaten soalnya riskan dibunuh

    • Anonymous says:

      Ya, karena dimana ada mereka, selalu menanamkan kartel monopoli yang tidak ber etika. Herannya, sebagian bangsa penjajah belanda ada yang merasa bersalah sehingga timbul politik etis. Namun, bangsa yang masih bercongol disini sampai sekarang ini kok gak merasa bertanggung jawab sama sekali yah?…

      Alasannya: “Dagang mah begitu, kalo pengusaha lokal pada tuntas, ya salah sendiri”.
      (Padahal, level playing field nya ga sama. Kaya anak kecil disuruh tinju ama mike tyson}. Nah, kalo jawaban mereka sudah begitu, berarti, orang sini juga bisa jawab begini dong: Tahun 98 adalah PESTA KESENJANGAN SOSIAL.

      Jadi, kalo kesenjangan dan monopoli yang sudah melampaui nalar tersebut tetap berlangsung, berarti setelah ini akan ada PESTA lagi dong…

    • martin says:

      Kasian walisongo mereka jadi krisis identitas juga. Kenapa tdk dibongkar saja makam mereka kan keturunan tionghoa juga

  57. Anonymous says:

    wuy kian2 yg pda hina wrga cina.lbh baek wrga cina dri pribumi asli ind0nsia pada korupsi smua.mu truh dmana ngra indosia nue.mu’e ngra nue d jdikan ngra islam.tiap hari dem0ntrasi,rusuh,korupsi,teroris.sapa pelaku’e org pribumi.sja mulah malu.

  58. Ribut yang gak ada berarti, mikirin aja besok mau cari rezeki dari mana? mau makan apa? anaknya bahagia gak? jangan berpikiran pengemisan. manusia itu punya kelebihan dan sebaliknya jg punya kelemahan.

    • Anonymous says:

      Iya koh, tapi rejeki nya diblokir, disembunyiin dan di gondol ke luar negeri. Ya sama aja bokong deh… Jadi, pemblokirnya dulu dibongkar, rejekinya di sita kembali dari tempat disembunyiin, dan baru penggondolnya dinaikin tongkang kembali ke tanah asalnya.

      From ashes to ashes, from dust to dust. Yang sejatinya berasal dari tanah, akan kembali ke tanah.

      Ini juga berlaku untuk hasil rampokan dari tanah Indonesia. Yang berasal dari ini akan kembali ke sini. Pelakunya juga akan dikembalikan ke asalnya. Jadi koh siap siap aja kolor sama pacul, kaya dulu nenek moyang koh dateng ke sini.

      Toch, di Fukien juga banyak lahan.

  59. Bhineka tunggal ika seharusnnya menjadi acuan bangsa ini bukan-nya saling menjatuhkan antar ras
    Buktinnya banyak juga kok orang-orang pribumi yang sukes dan di gunakan untuk kerja. Ambil saja contoh salah satu B.J Habibie. Di bidang musik kita juga sudah ada agnes, dengan bangga mereka semua ini jika ditanya “KAMI ADALAH ORANG INDONESIA” apa ada pertanyaan saat kita diluar selain indonesia ? Anda berasal dari suku apa ? Kemungkinan kecil untuk pertanyaan yang membuang waktu. Moral bangsa ini yang harusnnya di bangun, korupsi yang sudah menjadi budaya entah sampai kapan akan berakhir ?? Kita sebagai generasi penerus harus memikul dan menjalankan-nya agar semua ini bisa terselesaikan.

    • Anonymous says:

      Budaya korupsi asalnya datang dari mana bro?…

      Korupsi adalah membayar untuk membeli kebijakan yang menguntungkan diri sendiri. Nah, yang untung selama ini siapa???

      Untuk pohon jadi sehat, dibersihin benalu nya dulu. Benalu, dibersihin akarnya dulu.

  60. Fin Lee says:

    Manusia memang MENARIK!!! ;-)
    Disaat anda-anda lagi saling mengejek dan menghina satu sama lain..
    Negara lain (mungkin) lagi cari cara/riset.. Untuk menciptakan busana perang.. Seperti dalam IRON MAN!!
    Indonesia masih lagi tambal-tambal jalan aspal yang berlobang.. Gali-gali parit yang sama sekali gak ada hubungannya didaerah banjir.. Gali lobang tutup lobang..
    Selagi ada waktu untuk membalas kritik-kritik yang ada..
    Mending buangkan waktu anda untuk kerja aja..
    ############

    “Manusia sesungguhnya adalah apa yang dia pikirkan”

    “Tidak ada yang buruk atau baik kecuali pikiran yang membuatnya demikian”

    “You are what you think you are”

    Jika anda pikir bahwa orang keturunan cina kaya raya, maka mereka kaya raya..
    Jika anda pikir anda miskin, maka anda akan kelaparan..

    Manusia adalah makhluk yang paling misterius di jagad raya ini..

    Menarik…

    Sangat Menarik.. Ha..Ha..Ha..

  61. Anonymous says:

    Bro, gue jg cina
    Gue lahir di indonesia, besar disini
    Lo pribumi lahir di indonesia, besar disini
    Jadi masalahnya apa? Kita semua sama bro “Indonesia”, gk guna ngeributin yg penting, yg penting gimana kita bisa majuin bangsa ini sama-sama

    • Anonymous says:

      Masalahnya adalah kaum anda menciptakan kartel dan menciptakan sistem yang memonopoli perdagangan dan sumber hajat hidup orang banyak dengan cara membeli kebijakan dan menyuap petinggi kami yang korup sehingga sangat merugikan rakyat indonesia. Jadi anda berteriak jika didiskriminasi sedikit tapi disaat sama mendiskriminasi dan mengeruk keuntungan sebesar2nya untuk dibawa kabur. Di negara lain ini tidak diperbolehkan dan diciptakan sistem untuk menghindarinya, bahkan di negara kakek anda sendiri. Karena itu kami berharap agar ada pemimpin baru yang bisa membatasi ini yang mungkin akan membuat kaum anda tidak memperoleh keuntungan sebanyak saat ini dan masa lalu. Jika itu terjadi, apakah anda masih mau tetap tinggal disini?

      Apakah anda bisa menelaah dari sudut pandang rakyat lokal yang dirugikan?

      Jika tidak, terima kasih sekali sudah berkunjung ke negara kami dan kami doakan selamat dijalan pulang ke negara anda sendiri.

      GBU

  62. Anonymous says:

    Kasian banget para tiko neh…

    Udah dijongosin & dikadalin masih aja bela-belain cukong nye…

    Pantesan aje, tetep miskin bin lolol 1000 turunan…

    Makan nyoh nasi aking…

    Wkkkkwwkkkwkkkk….

  63. Anonymous says:

    saya punya cita-cita menjadi seorang pengacara,oleh karena itu saya akan mengambil jurusan hukum setelah tamat sma ini,tujuan nya tak lain adalah untuk menegakkan keadilan(kekanak-kanakan ya,namun sejujurnya itulah keinginanku)dan saya akan membela yang benar,tanpa memandang perbedaan SARA!kalau boleh bertanya,bisakah orang keturunan tionghoa menjadi pegawai hukum/pengacara di indonesia?dan syarat apa saja untuk menjadi pengacara?karena saya sering melihat hukum menumpul pada si kaya(baik pribumi ataupun china)dan menajam pada si miskin,karena itu saya ingin menjadi seorang pengacara dengan tujuan untuk melindungi orang yang tak bersalah dan melawan orang yang bersalah sehebat apapun kekuasaan nya,baik china maupun pribumi,miskin ataupun kaya(maaf kalau off topic)

  64. Anonymous says:

    Sy suka suatu perdebatan yg bisa sy ambil ikmah positif’x ,terus’n perdebatan anda ,sprt d pengadilan yg mw nyariq suatu kebenaran .mmanusia tiada yg sempurna ,miskin kaya ,pinter bodoh itu sdh lumrah d muka bumi ini ,jika semua orang pinter pst tdk mw jd bawahan pst mw’x jd atasan aja .

  65. Anonymous says:

    Yang ngasih komentar jelek2in orang chinese gua sumpahin… loe pada ga maju2 usahanya..
    saya pri bumi
    emang salah kalo orang sukses!!!

    makanya kalau mau sukses jangan malas
    tuh banyakan pribumi kerja di toko chinese.. kalo ga ada mereka siapa yang mau ngasih kerjaan.. pantat loe?? di negara kita peluang kerja masih kurang pengangguran meraja lela pendidikan minim. jadi mau kerja dimana mau jadi copet, pengemis, ato kerja sama chinese…?

    HATI-HATI SodaraQ jangan menjelek2an sesama manusia.. masih banyak tantangan yg akan kita hadapi di depan suatu saat kita akan butuhkan orang2 yg kita jelek2an (jangan jilat ludah yang sudah dibuang)

    • Anonymous says:

      hehehe betul om
      mungkin pada iri yaaa. coba bayangin kalo tdk ada mereka, kita tdk bisa naek motor apalagi “dikampung saya” konon yang pertama kenalin sepeda motor itu org tionghoa. ayoo yang mau beli alat2 elektronik, sparepart kendaraan, chinese food, belinya kesapa hehehehehehe // pasti sama Ko ato chi

  66. Anonymous says:

    Minyak…

  67. anonim says:

    Sory….mau tahu aja.klu orang2 keturunan cina datang/merantau dari tempat asalnya…dengan hanya modal baju dan seadanya.mungkin gak membawa keluarga utuh.contoh aja klu kita mau merantau ke negara lain,mungkin gak saudara ato anak kita yang cewe kita ijinkan merantau ke negara yg kita tak kenal.dan keturunan cina udh beratus2 taun diindonesia…bagaimana perkawinan antar suku tak terjadi???gak mungkin toh klu orang rantau pasti menikah dengan orang rantau sesama suku…apalagi klu orang keturunan yg datang moyoritas pasti leleki semua…gak mungkin sepasang2…benar gak brooo…mohon informasinya….thanks u

  68. Anonymous says:

    aduh…aduh sodara2q semua,,saya yakin kalian hebat hebat semua,,kenapa harus eyel2an debatin ini itu, mari kita koreksi diri sendiri, untuk melakukan hal yg lebih baik, dan mari saling menghargai perpedaan2 yg ada.

  69. Anonymous says:

    Terlalu banyak rasisme di dunia ini. Sudahlah, daripada kalian habiskan waktu berantem antar sesama MANUSIA, mending kalian cari tahu aja, saya percaya diluar planet bumi kita tercinta para Alien sedang menertawakan kita, dan menunggu hingga kita berantem sendiri sampai habis lalu dikuasai.

    Kita ini sudah hidup di jaman E-Generation, bukan dijaman RIMBA. Masih jaman ya perang antar manusia ?

    • Anonymous says:

      Ha..ha..ha..

      Bener juga. Alien pada ngetawain kita masih pada berantem.

      Alien nya datang ke bumi bertujuan baik gak? Kalo cuma mau numpang, sekedar cari makan, ya tentu kita terima dengan baik. Toh orang (pri)bumi juga pada baik dan mau berbagi.

      Tapi, kalo alien nya datang dengan tujuan merampok dan menjajah ekonomi, masak sih kita diem aja…

      Ya di pulangin aja ke planet nya sono… ato ke singapur kali ye…

  70. Anonymous says:

    skdr menambhkan sdkit,.
    Kita smua saudara dr anak cucu adam, dan hdup kta bkn utk kpntngn indvidu, tp brsama , sdngkan pemikiran mnusia itu lain2 dan tdk mngkn brpkran yg sama. Makana knp ad slisih bhkan prtngkaran,. Kbnykan orng2 yg brkran pstif hdpnnya lebih baik knp, dia tau caranya hidup dan tau caranya menempuh hidup dengan baik. Sya tdk membdakan antra pribumi dg tionghoa, kita d lahirkan d dnia sama2 tdak tau apa2, tdak kaya tdk pula tau bisnis, seiring tumbuh dwasa org2 yg sukses slalu brpkr untk mengtur pola hdupnya dgn crana sendri, dan mrka yg mlas brpkr ya mreka metik hsilna itu,. Krn pmkran orng2 tionghoa lbh kritis akn hal2 yg brsfat membngun agr hdpna lbh baik mreka brani melakukan usha dgn resko yg d hdpinya, mrka jg tau hsilnya klo untuk hura2 timbal blikna kyk gimana. Orng prbumi jstru kblikana ttpi tdk semuanya, hanya saja sbgian yg pmkranya krng kritis, kalau memang hal itu menjadikan hdup lbh baik, lbhsukses knp gak kita tru orng2 sprti itu,. Sbnrnya yg membdakan smua itu bkan suku nya atau ras atau apa, tp pemikiran qt yg brbda2 dlm menangani khidupan msing2.. Hnya itu yg bsa sya smpaikan krng lbhnya mhn mf

  71. Sifat orang-orang cina emang harus ditiru baiknya, tapi; jika anda menyebutkan bahwa orang pribumi itu kelakuannya tidak baik.. malah menyebabkan pertengkaran.
    Yaa..
    Tolong dihaluskan sedikit perkataan tadi. Jadi tidak menimbulkan permasalahan.
    Orang-orang pribumi juga banyak sifatnya yang bagus..
    Betul?

    Sekian dari saya, semoga bisa dimengerti ^_^

  72. Anonymous says:

    Korupsi itu akan terus merajalela jika tidak di padamkan sumbernya. Siapakah sumbernya? Yang membeli dan mendalangi peraturan peraturan penting di negara ini? Siapakah yang memiliki negara ini? Siapakah yang menguasai Ekonomi yang meliputi hajat hidup orang banyak? Bahkan sampai mineral dan sumber daya yang diperjuangkan mati matian oleh nenek moyang kita? Sekarang yang menikmati siapa?

    Jika anda mau tahu gampang saja, caritahu sendiri siapakah orang terkaya Indonesia versi majalah Forbes contohnya. Apakah bidang bisnis sumber kekayaannya? Dan dari daftar itu, yang orang pribumi berapa? Kenapa saya bedakan yang pribumi dengan yang tidak? Karena modal dan talangan berasal dari uang rakyat Indonesia. Jika ada apa apa, siapakah yang bisa lari dan terlindungi di negara lain dan siapa yang akan dibalikin ke Indonesia. Contoh gampangnya Nazarudin dan Gayus. Negara mana yang mau lindungi mereka? Dan perampok BLBI dimana semua? Bahkan penguasa ekonomi sekarang yang legal pun, keuntungan bisnis dari tanah air Indonesia berada di mana? Pastinya tidak di Indonesia.

    Ini semua terserah orang Indonesia saja apakah mau meggunakan pikiran atau tidak dan membiarkan dirampok habis habisan sampai mati kelaparan.

    Rasa Bangga dan Bhineka Tunggal Ika tidak menutupi rasa lapar.

  73. Anonymous says:

    Bhineka tunggal ika seharusnnya menjadi acuan bangsa ini bukan-nya saling menjatuhkan antar ras
    Buktinnya banyak juga kok orang-orang pribumi yang sukes dan di gunakan untuk kerja. Ambil saja contoh salah satu B.J Habibie. Di bidang musik kita juga sudah ada agnes, dengan bangga mereka semua ini jika ditanya “KAMI ADALAH ORANG INDONESIA” apa ada pertanyaan saat kita diluar selain indonesia ? Anda berasal dari suku apa ? Kemungkinan kecil untuk pertanyaan yang membuang waktu. Moral bangsa ini yang harusnnya di bangun, korupsi yang sudah menjadi budaya entah sampai kapan akan berakhir ?? Kita sebagai generasi penerus harus memikul dan menjalankan-nya agar semua ini bisa terselesaikan.

  74. Anonymous says:

    heeeeiiii bbroo bapak gusdur sma om ahok jg ktrunan china tp mereka top abiiisss…….gak kya cina” kbnyakan.

  75. Anonymous says:

    oiya satu lagi, pikiran jg jgn sempit2 banget lah, kl liat pribumi males belom tentu semua pribumi males. kalo liat sekelompok tionghoa jd bandar atau apalah, blm tentu semua org tionghoa bandar atau sesuatu yang negatif. Pandang sesuatu dr berbagai dimensi jangan cuma dari satu sisi. Sorry kl rada kasar tapi geli aja jaman sekarang masih rasis

    • Anonymous says:

      Iya… ha.. ha… lucu yah jaman gini masih rasis… contohnya aja, di kebanyakan perusahaan2 aja, gaji ‘kalangan sendiri’ lebih besar dari gaji orang lokal yang padahal belum tentu semua males. Apalagi kalo baca di majalah majalah asing, perekonomian Indonesia melalui sistem yang kompleks, pada ujung2nya dimiliki oleh sekitar 200 keluarga. Dari jumlah segitu, yang lokal lokal keitung jari. Pantesan yang lokalan pada kelaparan di jalan dan pinggir rel. Geli aja…

  76. Anonymous says:

    kampung deh yang masih rasis, kalo mau tai2in pemerintah yang korup aja jangan tai2in satu sama lain, nyatu ajalah kita bikin Indonesia maju

    • Anonymous says:

      Setuju bro!… pemerintah korup memang tai b*ngs*t. Jadi mereka yang harusnya disingkirin meskipun mereka terlalu kuat. Kuatnya juga karena dibekingi pemodal berduit. Jadi pemodal berduitnya harus disingkirin juga. Percuma dong bersihin benalu tapi daunnya aja, akarnya dibiarin merajalela, ya pasti ga habis habis.

      Dan kita orang Indonesia memang harus bersatu untuk bisa maju. Kita harus bersama sama menyingkirkan duri dalam daging, yang apapun kejadian di Indonesia, pada ujungnya mereka yang untung besar dan hasilnya dibawa keluar. Mari kita orang ` tanah air darah Indonesia bersama sama hentikan mereka.

  77. wong clp city says:

    Gak smua orang itu jahat,jgn lihat segi negatifnya,
    Semua trgantung sikap kita masing…
    Klo kt baik,orang jg akan baik,klo kt jht psti ada yg bls kejhtan kita..
    jadi klo mnrut pndangan positif sy,..
    Sbnnrnya maaf’..orang ktrunan cina di indo itu baik..
    Orang pribumi jg baik, ,,toh di sini bnyk orang pribumi krj jdi krywan orang cina,dan orang cina mau byr gaji sm kryawannya…
    Itu Artinya kan baik,soalny gx ada yg di rugiin,asalkan sesuai atas kesepakatan bersma,Intinya ,,kt sbgai mnusia smua di sini itu psti saling membutuhkan satu sm lain…
    Yach syukur”…org pribumi jdi boz nya,,,ju”r iapa sih yg gx pngi jdi boz,,,hhe…
    Trs terang sy bkn org cina,sy keturunan jw,tp mertua sy keturunan cina..
    Fakta yg sy alami,ju”r..gx ada mslh sdikit pun slma ini sm mertua sy..dan gx membeda”kan sm menantu yg lain,,di mata dia smua sm..
    Jadi kesimpulanya:Begini mz broo…Jgn membeda”kan antara orang ketrunan cina dgn pribumi…Begitu jg org Cina sm pribumi,Hormatilah satu sm lain,krna kt tetap wrga negara INDONESIA,
    Di mata Tuhan kt sama,,tinggal kt yg jalani ,kebaikan atau keburukan,Mslh Sukses,smua orang psti memiliki,Bkn org cina sj,tinggal kt bs gx membawa kesuksesan itu gak..,?Sbnrny…ada kt bijak yg sering kt dengar:
    “Tugas kt bukanlah utk brhasil,tugas kt adlh untk mncoba,krn di dlm mncoba itulah kt mnemukan dan bljr membangun ksmpatan untk BERHASIL…”mario teguh”
    Jadi kata kuncinya adalah “Kita hrs bersatu,sbgi wrg negara INDONESIA…Thx,
    BY wong JAWA.

  78. Anonymous says:

    kenapa org cina lebih sukses dr pribumi???

    emang sih belanda itu penjajah, dari zaman PENJAJAHAN ITU STRATA PRIBUMI ITU paling BAWAH, di bwah strata ETNIS CINA, INDIA,ARAB. jadi bisa di simpulkan Kita sebagai PRIBUMI ITU dr dulu emang ga ada kesampatan buat maju ama penjajah, penjajah lebih melihat strata etnis cina,india, arba dll.
    jadi wajar dong klo mereka lebih sukses dr segi sejarah ajaa mereka lebih di dahulukan,

    BEDA NYA KENAPA MEREKA (CHINESE) DI DISKRIMINASIKAN SEBAGIAN ORG PRIBUMU…

    Menurut saya karena mereka itu sebagian besar hidup berkoloni, tidak mau bersatu ama pribumi. beda banget dengan etnis india dan arab yg menyatu dengan pribumi indonesiaa.

    pernah ga anda mendengar kasus kerusuhan masyarakat keturunan arab/indiaa?? psti jarang kann.

    contoh nya aja di daerah saya batam penggunaan bahasa mandarin ama chinese lain nyaa masih berkeliaraaan dimana….

    ingatt bro ini indonesia bukan cinaa jadi klo mau bisa di terima di sini pake bahasa indonesiaa. klo mau pake bahasa cinaa pulang kampung ajaa ko ke cinaa.

    bukan berarti kita ga boleh menguasai bahasa mandarin… tapi liat tempat dong ngomonggg. jangan hatam promo ngomong cinaa di tempat umum

    indonesia ituuu taukan dari sabang – meraukee?? bukan dr cina- meraukee..

    jadi yg berlaku di sini hanya bahasa indonesiaa dan bahasa daerah dr sabang- merauke.

    • Anonymous says:

      Kalo orang jawa, ngomong jawa di Batam, OK?
      Begitu juga bule di Batam ngomong Inggris atau bahasa mereka OK?
      Kalo orang Indo di LN ngomong Indo OK?
      Saya orang Indonesia yg tinggal di LN, dan banyak orang Indonesia yang berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia daripada bahasa lokal, dan tidak ada yg menjadikan masalah.
      Hal ini sudah jelas diskriminasi… Prejudice…
      Buka lah pikiran dan wawasan, jangan jadi katak dalam tempurung.
      Open your mind like you open a window, you will see things better and brighter, without prejudice!

    • martin says:

      Setuju, bahkan dit4 tinggal saya sekarang masih berbahasa jawa sampe di australia. Hingga detik ini. Malah dikatain ama bule kalo mau tinggal disini mesti bisa inggris! Apa tdk malu?

  79. Anonymous says:

    GAK USAH SALING JADI ORANG YANG PALING BENER…
    SEMUA INI TERJADI KARENA PEMERINTAHAN YANG KEPARAT DAN BOBROK BIADAP DAN ANJINK….!!!
    GAK ADA GUNA LU SEMUA SALING BAKU HANTAM KALO UJUNG”NYA JADI ABU….
    INI SEMUA KARENA PEMERINTAHAN HANYA SIBUK KORUP DIBANDINGKAN MEMBUAT MASYARAKAT SEJAHTERA DAN LEBIH BERILMU…
    JADI HAL” SEMACEM INI GAK TERJADI…
    DAN INTINYA KESADARAN DIRI SENDIRI….
    MAU MAJU DAN SEJAHTERA MUSNAHKAN PARA PARASIT” BERDASI YANG MENGATAS NAMAKAN KESEJATERAAN…
    REVOLUSI SEKALI LAGI…
    TAPI HARUS SEMUA ORANG INDONESIA…
    GAK USAH SEBUT ASALNYA,KETURUNANNYA…
    YANG PASTI DIA LAHIR DI NEGERI YANG BISA GW BILANG NEGERI SURGAWI DIMANA SEMUA RAS BERKUMPUL DALAM 1 NEGARA…
    HARUSNYA NEGRI INI NO.1 DIBANDINGKAN AMERIKA…
    PERCAYA APA NGGAK SEMUA DI TANGAN LU SEMUA ANAK BANGSA INDONESIA……

    • Anonymous says:

      EH, PARASIT BERDASI KORUPTOR PEMERINTAH YANG CUKONGIN SIAPA SUPAYA MEREKA BISA BERCOKOL TERUS????? YANG BAYARIN SIAPA SUPAYA CUKONG CUKONG BESERTA ANAK CUCUNYA TETAP AMAN DAN PEGANG KONTROL EKONOMI NEGARA???? DAN YANG DIKORUPSI PEMERINTAH JUMLAHNYA BERAPA KECIL DIBANDING YANG SECARA TERUS MENERUS DIBAWA KELUAR OLEH PARA CUKONG DAN TURUNANNYA????

      NEGARA INI HANYA BISA JADI DAMAI KALAU RAKYATNYA SAMA SAMA SEJAHTERA. SEMUA HANYA RAS BISA BERKUMPUL JIKA SEMUA SAMA SAMA KENYANG. DAN ITUPUN UTAMAKAN KEKENYANGAN YANG PUNYA RUMAH. DAN SELAMA ‘TAMU TAK DIUNDANG’ TETAP MENGUASAI EKONOMI DENGAN CARA CARA YANG PURA PURA SOPAN TAPI KOTOR, DAN SELAMA MEREKA BERFOYA FOYA SEMENTARA PRIBUMI KELAPARAN DISEKELILINGNYA, NEGARA INI AKAN TETAP KACAU.

      DAN YANG NANTINYA JADI ABU JUGA SIAPA????

  80. Anonymous says:

    stiap thun bru cina di daerah tegal slalu mnyruh org pribumi angkat” tuhan boneka/tepekong, di goyang”in,smbil nyanyi” lgu dangdut.emg tuhan mreka suka nyawer n lhat paha demplon ya,kan patung.trus org” pribuminya mau aj djdiin babu si sipit,bego bnget ya,di ksih mnum arak spya pda mabok.klo taun bru islam aja ga mau ryain,timbang dksih kaos sma ciu aja org jwa dah happy bnget,jgn mau drendahkan dong

  81. Anonymous says:

    ttanggaq org cina punya toko klontong,tiap hari sruh tkang bcak antar brang dan uang ke bosnya,liciknya dia stiap abang bcak yg dsruh antr slalu dbyar murah n bwaanya bnyk bnget,trus stiap x dsruh antar uang psti abang bcak yg kna gtahnya soalnya cina itu ti”p uang 1970000 psti bilangnya 2jt pas,akhirnya abang bcak itu yg nebokin,dan dmrahi bosnya,heranya lg bukan cm 1org tp smua abang bcak yg dsruh dprlakukan sma kya abang bcak itu,sruh gnti rugi,.emang bner” org cina biadab bisanya cuma menindas org lemah

  82. Anonymous says:

    Ya salah pribumi sendiri sih, dirampok diam saja. Yang harusnya jaga, malah mau dibayar receh sama perampoknya. Dimana mana didunia, jika ada tamu tidak diundang, sebagaimanapun hemat dan rajin mereka, jika saat sudah diminta pergi ya harusnya pergi dong. Orang pribumi Indonesia aja yang terlalu baik dan lugu.Apalagi si ‘tamu’ mengambil segala isi rumah seenaknya. Mungkin suatu hari orang pribumi Indonesia otaknya dibangunkan, seperti dulu monyet mengalami kesadaran bahwa dia bisa berjalan tegak, dan begitu sadar, mungkin akan teriak ‘stop!’ ke kawanan rampok tersebut. Dan mungkin juga rampok nya yang sopan sopan itu akan keluar aslinya yang menunjukkan betapa kotor isi hatinya bahwa mereka tidak bermaksud baik yang pada intinya masuk ke rumah orang (mungkin juga di rumahnya ga ada makanan, jadi harus curi) tanpa diundang. Apalagi jika nanti diminta pergi, mereka akan berteriak minta tolong ke tetangga tetangga seakan akan mereka yang benar sehingga pribumi yang punya rumah malah digebuki. Semoga otak pribumi dibangunkan sebelum semua itu terlambat.

  83. Anonymous says:

    mending sderhana makan tempe tahu drpda kya raya makan babi.cina matanya merem smua coba klo melek ga bakal mkan yg jijai…..

  84. Anonymous says:

    chhina asu pelit njitit.
    hrus di musnahkan

    • Anonymous says:

      mang kamu bisa musnahkan warga tionghoa..
      memangnya negara ini punya bapak lo.. hehehe mabok yaa

      PRIBUMI tanah sulawesi

  85. Anonymous says:

    Yang jelas ANJING dan KORUPTOR dilarang memesuki dunia maya,aamann..salam damai…uye.

  86. Safta ria says:

    Wah… artikelnya luar biasa sampai2 komentatornya lari dari pembahasan artikel ???

    Ikut oooeeyy

    INDONESIA Kawin Sama CHINA Jadinya suku Bugis karna suku Bugis jg rata2 jago dagang ckckckckc maaf “saya juga suku bugis”

  87. Om Hemat says:

    Sesuai pepatah kuno Bangsa Kita…

    HEMAT = PANGKAL KAYA

    Siapapun orangnya :D

    • Anonymous says:

      Wah kalo pribumi d daerah gw ya, ada duit dikit beli moobil βãrч motor βãrч. Giliran duit habis βãrч deh ngutang sana sini. Beda banget pola pikir nya dg org tionghoa, di tempat gw ya pengusaha kaya raya aja moobil nya kijang butut cuy! Gw miris banget kenapa pribumi selalu jadikan org tionghoa alasan atas kemiskinan dan kesusahan nya, kenapa ya bangsa ini mempunyai mental premanisme dan pejabat yg bermental CALO. Bangga bila menjadi preman, tukang rusuh!! Anak2 pribumi kebanyakan gak tau sopan santun!!

  88. Anonymous says:

    Gw aja buka toko cd game aja dapat 100 aja susah terpaksa saya putar otak supaya usaha ini jalan dan suatu saat bisa punya ruko 3 lantai

  89. Anonymous says:

    Gw orang china kami kaya karena kami bekerja keras hemat tidak foya foya biar ada duit 1 jt celana dalam aja uda lama ngga diganti karena kami sadar cari duit tuh susah jd prioritaskan ke hal yang primer bukan kaya primbumi yang sukanya mabuk mabukan ke prositusi habiskan duit saja tunggu pribumi saya jd boss kalian

  90. Anonymous says:

    Orang china adalah TANGAN TUHAN,suatu saat INDONESIA akan dirampas dari TANGAN KAMI !!!
    Pribumi akan kami jadikan budak.
    Ini janji china.

    TUNGGU tanggal MAINNYA !!

  91. Nice post
    Tulisan yang bermanfaat__semoga belajar sesuatu dari tulisan ini!
    Terima kasih sudah berbagi!

  92. Anonymous says:

    Ancok hidup surabaya,hidup sex

  93. Anonymous says:

    Maaf. Tetapi bangsa China memiliki network dan support luas yang bangsa lokal tidak punya. Dan dari ini saja sudah merupakan kompetisi yang tidak sehat. Selain itu, bangsa China yang berada di Indonesia memiliki hibahan aset aset sewaktu Belanda pergi karena mereka tidak mau itu jatuh ke tangan pribumi. Dengan aset aset itu bangsa China sudah terdongkrak kapital secara lebih awal dan menggunakannya untuk suap siapapun yang berkuasa agar kebijakan kebijakan memihak kepentingannya. Ini sangatlah tidak wajar dan cepat atau lambat akan mencapai titik jenuh. Untuk pengertian secara empati, apakah bangsa China mau dibegitukan di negaranya sendiri oleh, misalnya saja, bangsa India yang datang dengan sokongan kapital dan pengetahuan untuk berbuat sama yang seperti bangsa China lakukan di negara ini? Apakah itu bukan merupakan suatu sistem kolonial??? Jenapa bangsa China melarang bangsa Jepang berbuat yang sama terhadap negaranya?

    Setiap bangsa berhak untuk menjadi tuan rumah di tanahnya sendiri tanpa infiltrasi asing yang berteriak jika dirugikan, tetapi di saat yang sama, mengeruk dan membawa pergi keuntungan yang sebesarnya. Tidak pernah saya lihat bangsa lain di dunia ini dikondisikan seperti ini. Malaysia dengan bijaknya berusaha melindungi bangsanya sendiri. Sedangkan pribumi Indonesia terlalu bengong untuk melakukan apa apa karena sudah dikebiri secara intelektual karena kelaparan pendidikan di 4 dekade terakhir.

    Saya sebagai anak bangsa, sudah tidak punya tujuan dan alasan untuk tetap berjuang hidup…

  94. Raskay says:

    Awal kesuksesan adalah kejujuran n tepat waktu,,,itu bru mantap

  95. Anonymous says:

    Siapa bilang, orang cina Indonesia dalam berbisnis JUJUR ??
    JUJUR DARI HONGKONG yaaa ??

    Para pengusaha itu pembukuannya ganda, untuk menghindari pajak…
    Coba deh sdh brp banyak kerugian negara karena tdk jujur dalam bayar pajak ???

    • Anonymous says:

      ….pertama system pajak di indo jg ga beres ampe skrg masi banyak pertanyaan tak terjawab sekalipun ditanyakan ke akuntan pajak maupun ke org pajak itu sendiri. contoh retur penjualan ke pedagang nonpkp. Retur dr nonpkp, 10%ppnny ditanggung perusahaan. atau sewa rak di market dimana bagi perusahaan dianggap sebagai biaya juga kena 2%. itu pernah ditanyakan teman pada petugas pengajar pajak. namun tak ada jawaban. tidak mungkin tidak menjual ke penjual nonpkp.

      selain itu tinggal di kota dari kecil ampe skrg, kota sama sekali tidak ada perubahan. ttp seperti dulu. yg berubah hanya rumah2 n gedung2 swasta yg didirikan. pajak anggaran pemerintah kemana ya? jalan asik tambal, ga 3 bulan ancur lg. asik korek selokan diganti apa ga ngerti, hasilny hujan sikit banjir. sampah hasil korekan bertebaran dipinggir jalan nunggu ujan masuk ke selokan lg. bagusan ga usa korek. da ganggu, bikin jorok lg.

      intinya uang setoran pajak baik yg tidak jujur ataupun dr pribumi yg jujur itu ilang kmana ya? ke kantong pejabat. maybe kalau anda tinggal dijkt masi melihat ada perubahan karna ibu kota. tp di kota2 lain bisa ditanya selain gedung2 swasta apakah ada perubahan ke arah yg baik? lampu lalu lintas jd lampu disco, lampu kota malam ari banyak yg ga idup sampe arus dipasang n make listrik sendiri. jambret n rampok, makin banyak bahkan di depan mall n siang2.
      apasih yg diberi pemerintah untuk kita? ada teman yg borong kerjaan yg dr budget ratusan juta pindah tangan sana sini trakhir dikerjainny cm dpt borongan kerjaan 20 juta. pajak itu bukan untuk memperkaya pemerintah tp kantong2 yg tak bertanggung jawab. yg paling bikin negara rugi itu bukan setoran pajak tapi korupsi. ilangin korupsi dulu berikan hasil nyata ke rakyat. kalau bisa siapapun bakal rela membayar pajak.

    • Anonymous says:

      lu tau ga bedanya pengusaha cina korup dibanding bejabat indonesia korup?
      pengusaha cina biar korup, tetap saja harus banting tulang, kerja setengah mati, mikirin tarif TDL naik, bbm naik, THR dll, jadi duit korupnya dipakai buat opasional perusahaan, kalau pejabat korup, yah kerjanya duduk nyantai main solitare ngopi sambil nunggu meeting, kas apbd kurang tinggal naikin pajak, biaya listrik naik, tinggal naikin TDL, subsidi bbm kurang, tinggal naikin harga BBM, intinya, pejabat korup ga korup kernya cuma lempar masalah ke pengusaha, biar sipengusaha jadi sapi perahan, dan disudutkan untuk korupsi, liat saja usaha angkutan semuanya melebihi tonase, karena kalau tidak korupsi bobot angkut, semuanya gulung tikar.
      sebaliknya di negara amerika pengusaha cina akan berusaha mengikuti rule amerika, yang tidak membiarkan aparat memeras dan memojokan pengusaha untuk korupsi.

  96. Anonymous says:

    KALAU MENGAKU INDONESIA…..SEBAIKNYA YANG TULUS….DAN JANGAN BASI BASI.

  97. Saya pribumi..
    Tapi saya tidak suka kalo pribumi lainnya ngata2in chinese..
    Saya mencintai chinese :)
    Bukan maksud penghianat.. Tapi saya lebih suka dengan pola pikir chinese :)
    98% sahabat saya chinese :) kenapa?? Karena dulu waktu saya masih SD teman2 saya selalu menjudge saya , selalu memojokkan saya , selalu menjadikan saya bahan pembicaraan!!!
    Tapi.. Anak2 china itu merangkul saya , membuat saya tertawa bagaimanapun caranya..

    Saya belajar banyak dari chinese :) tentang semangatnya!! Tentang “apa yang bisa berikan dan lakukan untuk keturunan saya selanjutnya?? Maka saya akan melakukannya!!!” Dan “ini bukan tentang saya!! Tapi tentang keturunan2 saya” :)
    Mereka(chinese) datang ke indonesia bukan dengan uang triliunan,,!! Mereka(china) datang dengan beberapa potong baju dan beberapa uang ‘recehan’ lalu mereka berdagang dan menabung,,!!!
    Mereka tidak meng’KAYA’kan dirinya..!!! Tapi mereka ingin meng’KAYA’kan untuh keturunan/generasi2 mereka selanjutnya :) dan mereka mendidik anak2nya dengan sangat keras tapi penuh cinta agar anak2 mereka tetap mewarisi sifat nenek moyang mereka :)

    -̶̶•-̶̶•̸Ϟ•̸Thank You•̸Ϟ•̸-̶̶•-̶ ™‎​
    By:
    Pin:238e42eb

  98. mmmmm penulis ini termasuk sangat berani mengambil topik yang sangat sensitif menurut saya, tapi meski bagaimanapun, setiap bangsa punya ciri khasnya masing2, nah dalam hal ini cina memang terkenal dengan bisnisnya, kalau di bilang apakah semua orang cina itu sukses? tentu jawabannya sudah pasti tidak, karena kesuksesan itu bukan di dapat dari ras, suku, dsb, tapi dengan kerja keras dan tekun, kalau banyak orang yang bilang bahwa cina itu tekun n ulet, memang kebanyakan dari cina seperti itu.
    jika disamakan dengan pribumi, banyak kok orang pribumi yang juga sukses, dan pastinya bukan karena mereka berleha-leha, tapi karena mereka bekerja keras, nah itu artinya setiap dari kita juga bisa mendapatkan hasil menjadi orang kaya, yang bijak, dan dermawan.

  99. anti rasis says:

    Ini pengalaman dri daerah gw ya, anak umur 10 tahun lagak nya seperti preman besar memalak dg kedok parkir, ampun bnget gw pikir ini anak kecil udah bermental sampah masyarakat bukan nya mikiri sekolah malah ♏åυ jd preman, pantas aja jarang banget pribumi bisa maju kalo sedari kecil udah dibiasakan meminta. Maka nya kami warga keturunan membatasi pergaulan anak kami dg anak org pribumi, karna kami tdk ♏åυ anak kami bermental preman seperti kalian, so jd jgn salahkan kami sombong apa lha segala macam. Terserah sih loe2 smua pd ngomong apa lha yg kaya jg kami kok, lagian jg bukan hasil KORUPSI! Gw gak benci pribumi kok, cuma saya benci mental pikiran nya aja. Loe indonesia sama gw jg indonesia!!

  100. SUDAH DIAM…
    FORUM DITUTUP !!!!!

    CHINA/TIONGHOA = PRIBUMI
    CHINA/TIONGHOA/PRIBUMI/ITALI/BELANDA/DLL = MANUSIA

    SAMA-SAMA MANUSIA JANGAN SALING MENYALAHKAN TOLOLLLL…

    TUHAN MAHA BENAR…JADI DIAM SAJA DAN JALANI HIDUP KITA MASING-MASING.

    PENGURUS TOLONG TUTUP INI BLOG.

    SBELUM TERJADI SARA SEPERTI TAHUN 1998/1999

    THE END

    0823 6968 3401 SILAHKAN PROTES KALAW GAK SENANG !!!

    • Anonymous says:

      Oh ya? Bangsa Indonesia yang berkeliaran kelaparan di jalan karena pemiskinan dan pembodohan selama beberapa dekade atas dukungan bangsa anda dan dana yang sejatinya untuk mensejahterakan mereka sudah bangsa anda larikan ke luar negeri juga MANUSIA lho…

  101. Anonymous says:

    Saya warna keturunan, tapi saya masih bingung sampai sekarang masih ada yg rasis. Sebenernya kita semua sama aja kok, kalau Chinese emang kelebihannya di ekonomi, pola pikirnya.
    Gini ya, di Indonesia, kenapa banyak kriminalitas yang masuk koran / TV itu rata2 pribumi, ya jelas aja namanya juga Indonesia 95% orang pribumi. Kamu coba ke China, kriminalitas yang masuk media juga orang China semua. Ga usa bingung jadinya, kalah masalah kaya raya itu hanya pola pikirnya aja dan pergaulannya, orang China banyak bergaul sama sesama nya yang juga punya pola pikir orang kaya jadinya ya ikut, coba kamu ikut lingkungan orang susah, orang malas2an, kamu pasti ga bakal sukses. Itu semua tergantung lingkungan kamu aja kok kalau mau kaya. Dan yang paling penting ada pada diri sendiri rasa niat dan jujur dalam mencari Uang.

  102. Anonymous says:

    gue salut sma mayoritas org cina. Bnr aj skrg gue kuliah d t4 mayoritas cina, tmn gue bnyk cina n gue liat kampus mayoritas pribumi, jauh bngt beda ny. Skrg gue lbih brkmbg smnjak gue pny tmn2 yg pkiran ny maju d kampus saya. Tapi ad min0ritas cina yg gue benci, knp ? Krna ad bbrp cina yg gk bsa mnghargain n mnghormati org lain! maaf aj gue jmpa cina yg bgtu gue hantam lngsung, krna dh mnyinggung prinsip gue “lo sopan gue segan, lo gk sopan gue hantam”. Lumayan jg cina yg bnyk tingkah d kota gue.

  103. Anonymous says:

    Jgn salahkan cina, kalian yg pribumi seharusnya bisa belajar untuk menjadi sukses.
    Miskin bukan pilihan, tp nasib.dan nasib bisa dirubah kalau kita punya niat.

  104. Agus says:

    dari tata bahasanya enak di baca, belajar ni ane dari cara menulis artkelnya, dari judul artikel yang bagus motivasi dan inspiratif

  105. doni masri says:

    ada apa dengan kalian semua, kenapa mengkotak-kotakkan diri aku cina, aku jawa, aku minang, aku batak, aku pribumi,, cobalah buka mata, hati dan fikiran kalian, Allah SWT, Tuhan yang maha kuasa menjadikan manusia bersuku-suku dan berbangsa agar kita bisa saling memahami satu sama lain, bukan untuk saling membenci dan menindas. kalau Allah menginginkan mudah kok untuk mejadikan manusia ini semua sama tak ada bedanya, satu dg yg lain, hari gini masih ngomong ras, suku dan bangsa,, itu namanya orang yg nggak mau maju maju. meskipun kita berbeda-beda suku dan agama tetap satu, INDONESIA, berbahasa satu BAHASA INDONESIA, berbangsa satu BANGSA INDONESIA titik. kalau orang cina sukses dalam ekonomi perdagangan , pelajari, belajar , kerja keras, jujur, betul itu. kalau mau suksus dalam hidup mesti kerja keras, jujur dan do’a jangan lupa. orang cian itu juga berdoa apapun Agamanya, stop ribut-ribut mengenai RAS sudah tidak zamannya lagi, generasi sekarang tidak boleh berfikiran Spt itu.. generasi sekarang harus peras keringat banting tulang kalau mau berhasil . sekian dari saya ” i am doni muslim indonesia west sumatra “

  106. doni masri says:

    Hidup itu Perjuangan, setiap manusia siapapun dia , dari golongan manapun dia selagi masih mau hidup dia wajib berjuang, sukses nggaknya tergantung dari seberapa besar perjuangannya dan seberapa besar keyakinannya terhadap do’a-do;anya kepada Allah SWT. Seluruh manusia di mubi ini berasal dari satu bapak dan satu ibuk. yaitu Nabi Adam dan siti Hawa. jadi sebenarnya kita itu bersaudara. stop pikiran mengkotak-kotak ras. bersaudaralah kita semua berikiran positiflah kita semua agar kita yang kita dapatkan juga positif. demikian.. salam dari “doni”

  107. Anonymous says:

    ada apa dengan kalian semua, kenapa mengkotak-kotakkan diri aku cina, aku jawa, aku minang, aku batak, aku pribumi,, cobalah buka mata, hati dan fikiran kalian, Allah SWT, Tuhan yang maha kuasa menjadikan manusia bersuku-suku dan berbangsa agar kita bisa saling memahami satu sama lain, bukan untuk saling membenci dan menindas. kalau Allah menginginkan mudah kok untuk mejadikan manusia ini semua sama tak ada bedanya, satu dg yg lain, hari gini masih ngomong ras, suku dan bangsa,, itu namanya orang yg nggak mau maju maju. meskipun kita berbeda-beda suku dan agama tetap satu, INDONESIA, berbahasa satu BAHASA INDONESIA, berbangsa satu BANGSA INDONESIA titik. kalau orang cina sukses dalam ekonomi perdagangan , pelajari, belajar , kerja keras, jujur, betul itu. kalau mau suksus dalam hidup mesti kerja keras, jujur dan do’a jangan lupa. orang cian itu juga berdoa apapun Agamanya, stop ribut-ribut mengenai RAS sudah tidak zamannya lagi, generasi sekarang tidak boleh berfikiran Spt itu.. generasi sekarang harus peras keringat banting tulang kalau mau berhasil . sekian dari saya ” i am doni muslim indonesia west sumatra “

  108. Anonymous says:

    sbnar g da yg salah,smwx bs sukses kalo krja kras,bktx cina bsa kya dg krj kras dn mrntau,,madura jg krja kras dn brni mrantau,,cina ad dmn2,madura jg ad dmn2, , ,

  109. Ane cukup ambil hikmahnya aja, banyak orang disini yang tidak mau disalahkan dan disudutkan, masing-masing punya argumen sendiri untuk saling menjatuhkan……..

  110. Dimata Tuhan semua sama..Tuhan mengajarkan kita harus berpikiran luas dn pandangan yg baik..jd yg baik kita ambil makna nya..dan yg jlk nya kita jgn contoh..Hidup di dunia cuma sekali cinta damai ituu indah smpi kita mati juga..

  111. Anonymous says:

    Hahahaha..Malu ah udh pd Tua kok brantem

  112. Anonymous says:

    Haaaah ribet,dari atas sampek bawah pada eyel eyelan.nggak usah etnis etnisan atau rasis rasisan,mbulet nko nak’an

  113. Anonymous says:

    saya pikir penulis tidak berpikir secara luas dan bijak, krn dia tidk menganalisa dahulu semua yg dikatakannya..pertama, apa iya krn sumber satu orang (krn punya tman orang china) bs menjudge keseluruhan orang cina lainnya..kedua, apa krn dia bs nyimpan uang pasti akan sukses, dia tdk sakit, tdk ada saudara yg kesusahan, dan jg apakah anda sudh pernah bekerja dgn bos orang cina? saya pikir bukan krn dia hemat dia bs sukses, krn buat saya antara hemat dan Pelit itu beda..buat apa menyimpan uang banyak tp nga ada kekeluargaan, sy hargai isi tulisan tersebut
    tp tolong hargai jg dr sisi yg bukan non cina, krn setiap suku punya kelebihan dan kekurangan, dan itu tdk bs di ukur dgn hanya materi..semoga penulis lain kali bs lebih bijak dalam memberikab tulisannya..

  114. Leony LI says:

    melihat semua coment diatas, ternyata masih banyak anak pribumi yang fanatik, kapan indonesia mau maju sobat? amerika sudah di MARS, indonesia baru belajar buat satelit. sedih melihat anak indonesia masih berkumangan dengan pikiran tertutup. bukakan mata, pandang lebih luas, anda akan mengerti bagaimana cara menjalani kesuksesan, bukannya Artikal diatas ialah menuntun kita menempuh jalan yang baik? kok pada beramtem?

    • Anonymous says:

      Setuju leony….tetep uyeee

    • Anonymous says:

      Kalo dirampoki terus dan di kongkalikongi ekonomi sama tamu tak di undang msak sih diem aja…

      Apa cik Leony benar benar percaya kita para tiko serendah itu otak nya…?

      Maaf ye…

    • lim cewei says:

      dirampoki ? .apa dirampok dalam berdagang ?..bukan sebaliknya? .pemerintah yg memeras kaum etnis tionghoa ? .
      baca kembali artikel2 sejarah negara kita baik2 .

      jangan tong kosong nyaring bunyinya , tidak mengerti tapi asal ngucap .

      orang yg tidak bisa menerima kekurangan dan berusaha intropeksi diri jadi lebih baik hanya bisa menyalahkan dan iri terhadap keberhasilan seseorang..
      mungkin anda tidak bodoh tapi moral anda kurang baik ..
      banyak teman baik saya yg pribumi berhasil koq dan kami saling mengasihi satu sama lain .
      kasihan sekali anda masih terbelenggu memori kelam masa lalu ..

  115. Hidup di dunia ini bukan materi ukurannya. Si Cina memang kaya kaya tapi tidak bahagia. Karena apa? Kalau materi dikejar terus tidak akan ada habisnya. Lihat hidup orang Bali yang sederhana tapi bahagia. Hidup harus seimbang antara lahir dan batin.

  116. Hendrikus says:

    Saya sendiri Jowo-Lomdo (jawa keturunan Belanda), sangat benci deng mentalitas feodal dan materialistis orang jawa. saya juga mau bilang bahwa mayoritas Jawa adalah feodal, oportinis, munafik, pengecut, dan nyaris gak ada baiknya. meskipun tambak ramah tapi hatinya bususk, tapi sekali lagi itu mayoritas, tentu ada yg tidak begitu, tapi ada berapa ya yg tidak begitu ?

  117. anti rasis says:

    Bro yosep cina yg kamu bilang bandar narkoba apa lha segala macam, itu hnya segelintir saja gk ada manusia yg sempurna. Coba bandingkan dg koruptor sang pejabat yg anda agung2kan, mungkin bisa 1000 banding 1 kali ya dan 98% berita kriminal pasti si pribumi tersangkanya, lucu ya negara kita tercinta ini yg salah di bela setengah mampus, yg benar disingkirkan.

  118. yosep says:

    Di. Tempat gue cina bandar narkoba dan pemalsuan uang dolar. Pokok orang cina gak bener tukang pembajakan pemalsuan nomor wahid dunia topppp….m

    • Leony LI says:

      hehehe.. tapi kok anak yang koruptor dan perkosaan anda tidak bilang sih??

    • Anonymous says:

      Bukan untuk saling meng olok olok..hal seperti itu aja dambil hati,hanya untuk memotivasi sahabat,tanda tanya besar apakah seperti itu…kalooo toh bukan,tunjukkan saja dengan perlakuan,perbuatan sahabat untuk move on…dan jangan lupa kpada siapa anda diberi…berikan satu kepuasan untuk indonesia kita…peace…

    • Anonymous says:

      Saya adalah orang pribumi, tapi saya ingin memberikan fakta yang sebenarnya: bahwa sebenarnya menurut sejarah, dan ahli arkeologi dunia,Bahwa nenek moyang Bangsa INDONESIA, Adalah pendatang dari daerah yuan yaitu di wilayah cina selatan, mereka bermigrasi sekitar 2000 tahun sebelum masehi, suka atau tidak suka memang begitu faktanya

  119. Anonymous says:

    artikelnya bagus

  120. saya pribumi,.namanya manusia ada kelebihan kekurangan ..tidak kira suku atau keturunan,….tiong hua,melayu ,jawa ,bugis , padang,dll..ya melihat suku lain kaya ,ya bersyukur lah,tapi bersaing secara sehat bukan dengan kejahatan,tapi tolong menolong berbuat kemajuan kemudahan,kemakmuran,sosial, bencana,..bersaing dengan sehat ..pada suku tiong hua ku ucap “gong xi fa cai 2013″..

  121. Anonymous says:

    untuk anonim diatas, maaf saya pakai anonim juga..
    Kalo yg u maksud masalah otak sok tau tapi goblok itu keturunan tionghoa anda ga sepenuhnya betul..
    Perbandingannya, saya tinggal dimedan dan saya wni keturunan,
    Salesman paling laku ya keturunan tionghoa baik di perusahaan pribumi..
    Omset atau target perusahaan mudah dicapai keturunan tionghoa dibanding pribumi.. Boleh dicek yg ini.. Bahkan yg cewek2 muda keturunan jga berdagang sambil sekolah, sampingan waktu kerja kayak lewat bbm (hahaha :D)..
    Dan Pemenang2 sains atau ilmu pengetahuan lain ya banyakan keturunan juga..
    Thanks

  122. Anonymous says:

    Tempat gw kerja yg membedakan kita dgn cina cuma etos kerja dan mereka kagak gengsi..masalah otak banyak sok tau tapi goblok..

  123. Anonymous says:

    Soory pakai anonim,
    Sebenarnya kita semua ini sama, tapi cuma beda sifat doang, semua orang bisa sukses kalau mau rajin+disiplin…
    Intinya. Jika kita mau berusaha, maka kita akan dapat yang kita mau….
    Maaf kalau jelek dan gak jelas….

  124. Idrus says:

    Yang saya tahu orang CINA ( keturunan tionghoa ) itu ulet, rajin bekerja, irit dan sesama mereka saling bantu dalam membangun usaha. Jadi kalo mereka banyak yang sukses dan kaya maka itu memang yang mereka usahakan. Kita pun kalo meniru sifat-sifat yang baik dari mereka pasti bisa juga sukses. Masalahnya kita kebanyakan masih suka malas dan korup.

  125. Anonymous says:

    maaf sebelumnya.. jika memang kalian tdak suka dgn kami keturunan Tiong Hoa kenapa kalian memakai adat dan tradisi kami.. makanan yang kalian makan SIOMAY. CAP CAY itu adalah makanan khas kami.. lalu alat makan kami Sumpit pun kalian pakai.. dan bahsa kami pun kalian pakai Ceceng Gope Goceng?,

  126. Muhammad says:

    masih banyak hal yang perlu kit contoh dari orang cina, gak salah kalau ada pepatah mengatakan, carilah ilmu walau sampai ke negeri cina..bagus artikelnya gan, sangat inspiratif..

  127. Anonymous says:

    Orang cina/tionghoa di daerah ğŴξ pada Jά̲ϑɪ̇ PENGAMEN sama COPET.. WOYYY

  128. Anonymous says:

    Uda lah pada ribut kita itu semua sama” orang indo cuma sejarah ama wajahnya aja yg beda gak ada yang namanya orang cina yg ada orang indo keturunan cina yang soal sukses itu yg nentuin diri sendiri kalo mau sukses kerja keras, pande nabung, dan jangan pake narkoba

  129. Anonymous says:

    @Andre Hua
    Mungkin Anda segelintir keturunan chiness yg mem”pribumi” karena memang anda lahir,besar dan hidup di negeri ini. Wawasan dan pemikiran anda cukup rasional dewasa dan matang. Salut utk anda. Majulah bangsa Indonesia!

  130. Anonymous says:

    saya ambil sisi positifnya aja. Karna saya lebih suka ke karakternya ketimbang perdebatanya. Tnks dari suryapratama asli orang sunda.

  131. Aku indonesia says:

    Aku bkn jawa..
    Aku bkn sumatra..
    Aku bkn kalimantan..
    Aku bkn sulawesi..
    Aku bkn papua..
    Dan aku bkn CINA..

    AKU INDONESIA..

  132. Terlepas dari pro kontra. Terima kasih untuk sharing ilmunya tentang bangsa cina atau tionghoa. Berpikir positif, kerja keras, pantang menyerah, disiplin. Semoga bisa jadi inspirasi untuk diri saya. Thnks

  133. SEBELUMNYA SAYA MINTA MAAF,,,
    SAYA BUKAN CHINA TAPI PRIBUMI ASLI !!!

    CHINA/TIONGHOA = MANUSIA
    PRIBUMI/DLL = MANUSIA

    JADI :
    PRIBUMI+CHINA+ETNIS DLL = MANUSIA

    APAPUN RAS MAHLUK TERSEBUT SEMUANYA SAMA DIMATA TUHAN WALAW BEDA AGAMA,KEYAKINAN DAN PANDANGAN !!!

    KALAU ADA YANG MENGHINA SUATU RAS/ETNIS ITU SAMA DENGAN LUAR BIASA GOBLOK.

    CHINA MAJU ITU BAGUS,
    PRIBUMI MAJU JUGA BAGUS,
    TAPI KALAU KITA SIRIK DENGAN MENGATAKAN CINA BEGINI BEGITU ***SENSOR***
    BERARTI KITA SARAF !!!

    KITA SEDEKAH MEREKA JUGA SEDEKAH,
    KITA BERAGAMA MEREKA JUGA BERAGAMA,
    KITA BANTU SAUDARA MEREKA JUGA BANTU SAUDARA !!!
    CAMKAN ITU.

    KALAW GAK TERIMA SILAHKAN TEROR SAYA DI :
    0823 6968 3401

    MAAF,,,SEBAGAI SESAMA MANUSIA MARI SALING MENGHARGAI !

    NAMA SAYA :ROBIN WIJAYA
    KELAHIRAN MAKASAR ASLI PRIBUMI INDONESIA,,,TAPI SAYA SALUT DENGAN SEMANGAT ETNIS TIONGHOA.

    SEKALI LAGI MAAF DAN MARI SAMA-SAMA BERHENTI MENYALAHKAN ORANG LAIN !!!!

    TERIMAKASIH.

  134. Anonymous says:

    Kalau lu miskin kok sewot ke orang tionghua!!
    Kerja donk! jujur donk! Baru bisa sukses!

  135. andy cong says:

    berpikirlah dewasa, jangan seperti anak-anak, kalau kamu mau hidupnya sukses seperti mereka(chinese), tirulah cara mereka(chinese) tanpa mengesampingkan agama, jangan hanya bisa menyalahkan mereka(chinese) karena kemiskinan kamu,

  136. syayat69 says:

    kaya atau miskin ditentukan oleh kerja keras bukan ras.siapa kita dari mana kita disinilah kita indonesia…STOP RASISME

  137. Anonymous says:

    Dah gak usah pada ribut….
    Tiap bangsa punya kelebihan & kekurangan.
    Gw sebagai WNI pribumi gak benci orang2 tionghoa.
    Justru gw benci sama bangsa gw sendiri, yg kerjanya cuma jadi preman, tukang parkir, perusuh, tawuran, peminta-minta padahal masih mampu kerja, koruptor dll.
    Mau menghina bangsa cina? Liat bangsa kita dulu, udah bener blom?
    Justru kita perlu meniru etos kerja orang cina.

  138. eros emen says:

    KERJA dOOONK yang rajin!
    SEMUA ITU PERLU PROSES
    Dan KESABARAN..
    Orang china biarin ajalah sama sama manusia sama sama ciptaan tuhan,kalau mereka sukses ya itu berkat usaha mereka juga.
    Kalau mereka numpang masa kita yang pribumi kalah sama yang numpang? Kalau rakyatnya pinter2 pasti negaranya bisa maju….ayo pada sadar !!

  139. bung song says:

    @KÆKÆ.. malah jadi pada berantem? Yg puny blog ny aj ud kabur kali! @KÆKÆ…

    AYO TIM TIONGHUA.. SEMANGAT!!

  140. Anonymous says:

    jangan salahin org tionghoa donk,, kalian org pribumi aja yg gx bisa manfaatin kesempatan..
    Sekali dapat untung langsung diabisin, kalo kami org tionghoa pasti udah dimanfaatin dg sbaik2nya,istilahnya bersakit sakit dahulu,bersenang senang kemudian..

  141. Anonymous says:

    Fannyin emang paling bego,suka korup,pikiran sempit,serba jelek deh!!wkwkk pasti juga gk tahu kan arti fannyin?

  142. Savege says:

    sblumnya mohon maaf ya, saya ini juga orang china di indonesia, kami di sini bukan numpang nyari duit di sini tod,waktu nenek moyang kami ke sini hanya bawa brp pasang pakaian aja gak ada harta lain lagi ,kami berkerja keras demi bertahan hidup di indonesia..dah brp puluh tahun kemudian kami rata2 sukses hampir 75% cina di indonesia kaya raya..dan waktu kami sudah sukses kami juga pernah pikir bangun negara tercinta ini.,dan coba usaha dan buka perusahan dll..juga ajak orang luar bisnis di negara ini biar ekonomi negara ini bertahan.. tapi hasilnya??? bikin kecewa!! karena apa? masi ingat kerusuhan brp tahun yg lalu? brp jumlah rumah dan perusahan dll hbs di bakar? skrng gue mau nanya coba situ di posisi sini gmn pikiran kamu? dan gmn pikiran orang luar? dan orang luar masi berani kerja sama or join bisnis di indo? dan sekali lagi saya mau bilang kami disini tidak pernah minta n tidak pernah di bantu dr siapa2 kami ini hanya bantu diri sendiri dan kerja keras…demi sukses yg akan datang,. dan knp kami punya modal 10jt bisa usaha 100jt ke atas? karena kami bukan hanya punya modal 10jt itu,modal kami adalah jujur n tepat janji,kami usaha ambil barang2 di agen besar dengan cara utang / bulan..dan kami harus bayar tepat janji brp lama..cara bisnis kami bukan khusus orang cina saja,orang suku lain juga bisa..dan kami disini bukan numpang kami ini adalah warga negara indonesia bkn warga rrc.kalau kami ini hanya numpang kenapa kami mesti bangun perusahan n rumah dan beli tanah pakai hasil duit keringat kami,apakah semua yg kami beli ini bisa pindah ke rrc? kalau emang kami warga rrc..dan 1 hal lagi kenapa cina pinter yg menpunyai banyak skill rata2 kerja di negara lain.. knp gak mau kerja di negara kita ini..ptanya’an ini sharusnya kami yg mesti nanya ke pemerintah indo.selama ini pmerintah indo apakah ada sediahkan kursi untuk kami di pemerintahan? kagak ada lho..kalau ada pun pilih kasih..dan kami disini rata2 semua warga anggap kami numpang..dan bgitu juga kalau sudah kaya kami pasti mau pindah ke singapore or negara lain,sesuai kemau’an indo,tolong jgn salahkan kami..kami ini berani aja ngaku sama siapa2 bawa kami ini warga negara indonesia..tapi situnya anggap kami sperti apa? dan tolong ngertiin kami,kami disini bukan minta or kasih dari pemerintahan RI n juga bukan di kasih dr siapa2.. kami ini rata2 dari hasil nol,kami kerja keras demi masa depan demi anak juju kami..dan kami bisa sukses kalian dan semua juga bisa sukses asal ada modal jujur n tepat janji..+ kerja keras..semua usaha bukan hanya ada modal baru bisa usaha pikiran sperti anda salah..modal yg di utamakan adalah jujur bisa di percayai orang..orang sukses kalau mau bantu kita menjadi sukses hanya butuh waktu 2 tahun..gak mesti kita susah payah kumpolin modal.. karena kami cina di bisnis sgt di pecaya’i orang modal kami adalah itu..(jujur dan tepat janji + kerja keras)

  143. Savege says:

    sblumnya mohon maaf ya, saya ini juga orang china di indonesia, kami di sini bukan numpang nyari duit di sini tod,waktu nenek moyang kami ke sini hanya bawa brp pasang pakaian aja gak ada harta lain lagi ,kami berkerja keras demi bertahan hidup di indonesia..dah brp puluh tahun kemudian kami rata2 sukses hampir 75% cina di indonesia kaya raya..dan waktu kami sudah sukses kami juga pernah pikir bangun negara tercinta ini.,dan coba usaha dan buka perusahan dll..juga ajak orang luar bisnis di negara ini biar ekonomi negara ini bertahan.. tapi hasilnya??? bikin kecewa!! karena apa? masi ingat kerusuhan brp tahun yg lalu? brp jumlah rumah dan perusahan dll hbs di bakar? skrng gue mau nanya coba situ di posisi sini gmn pikiran kamu? dan gmn pikiran orang luar? dan orang luar masi berani kerja sama or join bisnis di indo? dan sekali lagi saya mau bilang kami disini tidak pernah minta n tidak pernah di bantu dr siapa2 kami ini hanya bantu diri sendiri dan kerja keras…demi sukses yg akan datang,. dan knp kami punya modal 10jt bisa usaha 100jt ke atas? karena kami bukan hanya punya modal 10jt itu,modal kami adalah jujur n tepat janji,kami usaha ambil barang2 di agen besar dengan cara utang / bulan..dan kami harus bayar tepat janji brp lama..cara bisnis kami bukan khusus orang cina saja,orang suku lain juga bisa..dan kami disini bukan numpang kami ini adalah warga negara indonesia bkn warga rrc.kalau kami ini hanya numpang kenapa kami mesti bangun perusahan n rumah dan beli tanah pakai hasil duit keringat kami,apakah semua yg kami beli ini bisa pindah ke rrc? kalau emang kami warga rrc..dan 1 hal lagi kenapa cina pinter yg menpunyai banyak skill rata2 kerja di negara lain.. knp gak mau kerja di negara kita ini..ptanya’an ini sharusnya kami yg mesti nanya ke pemerintah indo.selama ini pmerintah indo apakah ada sediahkan kursi untuk kami di pemerintahan? kagak ada lho..kalau ada pun pilih kasih..dan kami disini rata2 semua warga anggap kami numpang..dan bgitu juga kalau sudah kaya kami pasti mau pindah ke singapore or negara lain,sesuai kemau’an indo,tolong jgn salahkan kami..kami ini berani aja ngaku sama siapa2 bawa kami ini warga negara indonesia..tapi situnya anggap kami sperti apa? dan tolong ngertiin kami,kami disini bukan minta or kasih dari pemerintahan RI n juga bukan di kasih dr siapa2.. kami ini rata2 dari hasil nol,kami kerja keras demi masa depan demi anak juju kami..dan kami bisa sukses kalian dan semua juga bisa sukses asal ada modal jujur n tepat janji..+ kerja keras..semua usaha bukan hanya ada modal baru bisa usaha pikiran sperti anda salah..modal yg di utamakan adalah jujur bisa di percayai orang..orang sukses kalau mau bantu kita menjadi sukses hanya butuh waktu 2 tahun..gak mesti kita susah payah kumpolin modal.. karena kami cina di bisnis sgt di pecaya’i orang modal kami adalah itu..(jujur dan tepat janji + kerja keras)

    • Benar itu yg sabar semua , sukses itu kerja keras

    • saya setuju, rata2 org keturunan yg pintar biasanya akan pergi bekerja ke luar negeri tdk mau stay di indonesia, krn itu tadi republik indonesia krg mendukung trhdp org keturunanan, tdk bisa dipungkiri sprtiny sdh mendarah daging bencinya.
      coba di kasih tempat di pemerintahan pasti indonesia ini maju, di semua sektor pemerintahan dibuka untuk semua kalangan mau keturunan atau asli sy fikir pasti berbeda dan lbh baik.

      bagi sy anda2 semua warga keturunan bisa membawa motivasi,
      cuman org yg tdk mampu akn sirik sm anda.

  144. anti rasis says:

    Kalo kalian gak tau apa2, mending di tutup mulut nya drpd menyebar fitnah. Wajar mereka menikmati harta nya toh bukan hasil korupsi itu hasil kerja keras. Ke laut aja loe drpd nunggu hujan duit, sampe 40 turunan loe gk bakal kaya raya kalo masih berpikiran sempit dan bermental tempe seperti bro pujangga terutama bro anonim

  145. anti rasis says:

    Gan anonim, kalo semua rakyat indonesia ini seperti anda semua pemikirannya, sampe lebaran monyet pun gak bisa maju2 bangsa ini! Seharusnya kita bisa bersatu dlm perbedaan buat bangsa ini jauh lebih kuat,ingat musuh di negara ini bkn org tionghoa melainkan KORUPSI yg d lakukan para pejabat yg kalian banggakan.

  146. Anonymous says:

    Iya idiot tu yg komen 12 Jan 2013 sama 8 jan 2013!!gk mau tunjukin muka bilang aja muka ny jelek!

  147. Anonymous says:

    Yg komen tagal 8 Jan 2013 22.14.00,lu mesti lebih banyak lihat ke depan donk!!

    Kick Andy tema org Tionghua :
    KAMI dtg dlm kemiskinan, anda sdh tiba sjk nenek moyang anda berada.
    •KAMI duduk dibwh terik matahari menunggu dagangan kami, disaat anda meminta bagian anda utk uang “keamanan”
    •KAMI menghitung saving dan expense keluarga kami, disaat anda menghitung apa yg bs anda belanjakan dgn uang anda.
    •KAMI berusaha mencari apa yg bs kami jdkan uang, ketika anda sdg berusaha mencari apa yg bs dijadikan barang.
    •KAMI rela mkn nasi 1 kali sehari demi masa dpn, disaat anda menuntut mkn 3 kali sehari.

    ••….40 TAHUN BERLALU….••

    (*) KAMI menikmati apa yg tlah kami perjuangkan, disaat anda berkata “China sialan, nguasain negara gueee”
    (*) KAMI menikmati liburan setiap tahun ke luar negeri,disaat anda ribut akn kenaikan harga sembako.
    (*) KAMI bersyukur ats hasil krj keras kami disaat anda sdg mengutuk negeri ini.
    (*) KAMI bercerita ttg bgmna indahnya hidup ini,ketika anda bercerita ttg pahitnya hidup saat ini.
    (*) KAMI berpikir makan apa besok, ketika anda berpikir apa besok mkn.
    (*) SAAT kami menikmati puncak kesuksesan, anda menyalahkan kami atas kemiskinan keluarga anda.
    (*) SAAT kami masuk k pintu ruang pabrik kami, anda dtg meminta bagian atas apa yg telah kami perjuangkan
    (*) KAMI tahu kami hny pendatang, tp kami tahu bagaimana membuat kami menjadi lebih berarti di mata bangsa2 lain.
    (*) KAMI tahu kami hny numpang, tp kami tahu bagaimana kami berjuang dlm kerasnya hidup menumpang.
    (*) KAMI berusaha, uang bkn jatuh dr langit.

    ,,,Kini anda yg meratap mengapa negeri ini penuh dgn kami yg berada diatas…

    (*) KAMI menjauhkan diri dr komunitas anda, krn kami takut anak2 kami memiliki mental spt anda.
    (*) KAMI bkn sombong, kami bkn membenci anda,
    tp kami ingin hidup spt apa yg nenek moyang kami ajarkan,

    !!!!!”JANGAN MEMINTA, TAPI BERUSAHA”!!!!

    <3 KAMI berkorban utk anak cucu kami, kami berjuang dr kemiskinan smp kemakmuran,
    <3 KAMI tdk meminta dgn gratis, kami membayar apa yg harus kami bayar,

    Inilah kami org Tionghoa!!
    Yg kalian sbut CINA!!

    • Anonymous says:

      wkwkwkwk…. mantap gan

    • ITU BARU TIONG HOA BANGET !!!! BEGITULAH KAMI!!

    • Leony Li says:

      wui.. mantap Brada..

    • Dewi Oct says:

      betuL oo..:DD
      Orang sirik ajj yg coment’y jelek”..
      perkataan’y sejelek orang”y..:pp

    • Anonymous says:

      Kami bangsa Indonesia tidak membenci bangsa pendatang tamu tionghoa.

      Kami bangsa Indonesia berhati baik yang berjiwa membagi saat anda datang dulu kelaparan. Namun cukup adalah cukup.

      Kami hanya meminta segala sumberdaya yang bangsa anda telah sedot dari tanah kami dengan berbagai cara tolong dikembalikan.

    • Anonymous says:

      dan sayapun meneteskan airmata jika teringat digebukin.. dipukuli ramai ramai seorang diri karena mata saya yang sipit di daerah petojo’ tempat saya ketika saya masih kecil’ …. kini banyak karyawan saya memanggil bos’ dari pada memanggil cina’

      yang saya mau tanyakan bagaimana jika hal itu terjadi pada diri anda? dipukuli ramai ramai tanpa melawan?

    • Anonymous says:

      sy juga nlalamin tuh, didiskriminasi, dihina, tp lihat sekarang yang menghina sy skrg manggil sy bos & keluargamereka sudah 2 orang yg jadi jongos saya sekarang.

    • Gua org pribumi yg sungguh sangat anti terhadap cina.. Tp justru setelah membaca artikel n beberapa comment, emang ga bs dipungkiri kl kita pribumi harus mengatakan bahwa rata2 dr orang cina harus dijadikan contoh. Dr sistem bersakit2 dahulu dsb.
      Siapapun berhak untuk kontra sm statement dr saya ini, tp hanya orang2 yg berjiwa besar dan calon org sukses saja yg meng iya kan comment saya ini.. :)

  148. Anonymous says:

    Siapun kalian semua,,yg komentar atau yg menulis artikel ini
    Tolong saling hargailah,kita sama2manusia,etitut lebih dijaga,
    Selama manusia masih berusaha dan berdo’a pastii sucses juga,

  149. pujangga says:

    ya cina kan cuma ngejar kekaya..an gk kayak pribumi harus berbagi buat saudara anak istri dan sedekah buat bantu yang susah,,,kalau cina mana ada yang tiap hari juma,,at sedekah ,,,dasar otak dunia,,,budak harta,,,pengikut saiytonnn

  150. Anonymous says:

    situ kayak nya bukan pribumi. Iya situ makan aja telor ceplok tiap hari bisa2 kekurangan gizi. dasar situ otak telor! Ngemeng2 u belain si sipit. Ingat kalau bukan karna belanda kita gk maju siapa dulu yg bangun negeri ini apa si sipit? Belanda bngun dam,irigasi bsar2an bngunan mewah besar si sipit bs apa cuma numpang nyari duit di sini ? Harus nya kita genosida si sipit dr sini .

  151. Anonymous says:

    bagus sih artikelnya
    tapi benerjuga tuh kata komen yg paling atas

  152. Gua pribumi dan gua tau gak ada yg bisa di banggakan dari pribumi di indonesia

    coba deh liat banyak yg menangin kejuaraan sain dan merekan chinese

    dan tau singapura maju karena banyak chinese pintar yg di pekerjakan di sana

  153. Situ kayak xa menghina orang pribumi kalo situ pribumi jelasin juga caraxa agar maju indonesia jangan ngemeng mulu.

  154. memang orang cina itu bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian, itu wajib dicoba hehehe..
    ditunggu kunjungannya gan di http://mulkymaurival.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>